Momen Kulineran Politisi

Dari Sate Kambing hingga Sate Padang, Ini Sate Favorit Para Politisi

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 11 Apr 2019 19:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak politisi yang doyag nyate atau jajan sate. Mulai dari Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono hingga Tri Rismaharini.

Politisi ternama tanah air juga penyuka sajian bakar tradisional dengan rasa yang menggoyang lidah. Apalagi kalau bukan sate! Mulai dari sate kambing dengan siraman bumbu kacang hingga sate khas Minang yang punya kuah kental bumbu kari.


1. Prabowo Subianto

Dari Sate Kambing hingga Sate Padang, Ini Sate Favorit Para PolitisiFoto: Istimewa

Sate kambing di RM H M Harris jadi pilihan Capres Prabowo Subianto saat berada di Bandung bulan Juni 2014. Saat itu ia ditemani Aburizal Bakrie. Kaduanya tampak asyik menikmati sate kambing dengan siraman bumbu kacang dan sepiring nasi.

Di sela-sela melahap sate milik warung sate yang terletak di Jl Asia Afrika, Bandung, Prabowo dihibur dengan alunan musik dari pengamen jalanan. Pada bulan Juli 2018 Prabowo juga menyambangi kediaman Maher Algadri. Di sana ada beberapa elit partai PAN, PKS, dan Gerindra. Saat itu ia menuturkan bahwa kunjungannya hanyalah sebatas undangan makan sate.

Baca juga: Serunya Gaya Prabowo, Sandiaga hingga Fadli Zon Saat Menyantap Sate

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Dari Sate Kambing hingga Sate Padang, Ini Sate Favorit Para PolitisiFoto: Istimewa

Tahun 2013, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono membagikan momen santap sate daging sapi berkuah kuning kental khas Minang di laman Facebook resminya. Ditemani sang istri, Ani Yudhoyono keduanya ternyata menikmati sate di warung sate Mak Syukur.

Kegemarannya pada sate Padang Mak Syukur juga terlihat di tahun 2007. Saat itu, SBY mengikuti acara makan sate yang disiapkan Walikota Padang Panjang, Syuir Syam. Warung sate yang terletak di Jalan Raya Padang-Bukit Tinggi, Padang Panjang itu dipilih karena amat terkenal seantero Sumatera Barat.

3. Joko Widodo

Dari Sate Kambing hingga Sate Padang, Ini Sate Favorit Para PolitisiFoto: Instagram pramonoanungw

Sama seperti Prabowo Subianto, Presiden Joko Widodo juga penyuka sate kambing. Sate Hadori jadi rumah tempat yang disambanginya saat berada di Bandung pada November 2018. Rumah makan sate kambing ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1940.

Kegiatan tersebut masuk dalam rangkaian kegiatan Jokowi di Bandung. Acara tersebut dimulai dengan memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di TMP Cikutra. Capres nomor urut 01 itu melahap sate kambing usai bersepeda santai di sekitar Gedung Sate.

Baca juga: Disambangi Jokowi, Ini Keistimewaan Sate Kambing Hadori yang Legendaris

4. Sandiaga Uno

Dari Sate Kambing hingga Sate Padang, Ini Sate Favorit Para PolitisiFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

Cawapres Sandiaga Uno justru penggemar sate ayam dengan siraman bumbu kacang. Ia beberapa kali terbingkai menyambangi beberapa warung sate ayam. Pada pertengahan Januari lalu, pria berkaca mata itu berkunjung ke Warung Sate H Mamat di samping Masjid Agung Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Infused water yang selalu ia bawa jadi minuman santap siangnya di warung sate itu. Saat berkunjung ke Kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah Desember 2018, Cawapres nomor urut 02 itu juga mampir ke Sate Ayam Ambal Pak Tino. Sandi bahkan menjajal jadi penjual sate dengan membakar sendiri sate dari daging dan kulit ayam yang ada di sana.

5. Tri Rismaharini

Dari Sate Kambing hingga Sate Padang, Ini Sate Favorit Para PolitisiFoto: Zaenal Effendi/detikcom

Foto: Zainal Effendi/ detikcom
Tak hanya suka sate ayam dengan siraman kuah kacang, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga mempromosikan sate ke para delegasi luar negeri di acara Cross Culture Festival 2016.

Risma bahkan mengambilkan beberapa tusuk sate dan menuangkan bumbu sate kacang pada delegasi asal Estonia saat welcome dinner di Taman Surya Balai Kota Surabaya. "You must try. This is chicken satay and this peanut sauce," tuturnya saat itu seperti dikutip dari detikNews (15/8/2016). (dwa/odi)