Disambangi Jokowi, Ini Keistimewaan Sate Kambing Hadori yang Legendaris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Nov 2018 13:40 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Jakarta - Hari ini (10/11) Presiden Jokowi ke Bandung untuk memperingati Hari Pahlawan. Ia juga sempat mampir menikmati sate kambing legendaris dekat Stasiun Bandung!

Rangkaian kegiatan Jokowi di Bandung dimulai dengan memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di TMP Cikutra. Tiba sekitar pukul 07.45 WIB, ia punya banyak jadwal di kota kembang ini.

Dari TMP Cikutra, Jokowi menuju Gedung Sate untuk bersepeda santai. Setelah itu ayah 3 anak ini dijadwalkan menuju Stasiun Bandung untuk mencicip sate kambing buatan Sate Hadori.

Baca Juga: Hari Pahlawan: Jokowi Pimpin Upacara hingga Bersepeda di Bandung

Disambangi Jokowi, Ini Keistimewaan Sate Kambing Hadori yang LegendarisFoto: Instagram pramonoanungw
Pemilihan Sate Hadori bukan tanpa alasan. Rumah makan sate kambing ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1940. Adalah Kakek Inung dan Nenek Una yang memulai usaha sate kambing khas Garut di kota asalnya ini, tepatnya di Pasar Baru Garut.

Setelah itu keduanya pindah ke Bandung dan berjualan sate kambing di sekitar Lapangan Tegalega. Usaha sate kambing gerobakan ini terbilang sukses hingga keduanya memindahkan usaha ke sebuah kios di dekat Stasiun Bandung.

Disambangi Jokowi, Ini Keistimewaan Sate Kambing Hadori yang LegendarisFoto: dokdetikFood
Singkat cerita, kepergian Kakek Inung di tahun 1960-an membuat usahanya dilanjutkan anak serta menantu bernama Hadori. Nama usahanya pun berganti dari Sate Inung menjadi Sate Hadori.

Keistimewaan sate kambing di sini adalah satenya dijamin empuk. Potongan daging dan lemaknya juga besar-besar. Pengelola sate Hadori, Fahmi Garnadi pernah bercerita pada detikFood soal 'rahasia' keempukan sate kambing.

"Kami pakai kambing betina berusia 1 - 1,5 tahun. Khususnya yang dipakai paha belakang lebih empuk dari paha depan," ujarnya. Tiap tusuk sate kambing berisi 3 potongan daging plus 1-2 potong lemak.

Disambangi Jokowi, Ini Keistimewaan Sate Kambing Hadori yang LegendarisFoto: dokdetikFood
Uniknya pengunjung bisa melihat sendiri proses peracikan sate saat bersantap di rumah makan ini. Selain sate kambing biasa, Sate Hadori punya menu favorit yaitu sate sinereut. Berupa sate berbahan has dalam kambing yang super empuk.

Tiap porsi Sate Hadori disajikan dengan pelengkap sambal kecap dengan irisan bawang merah, cabe dan bumbu kacang. Harganya sendiri berkisar Rp 50-70 ribu per porsi.

Sate Hadori buka setiap hari dari pukul 10.00 - 02.00 dini hari bahkan tak jarang 24 jam tergantung ketersediaan daging. Setiap harinya rata-rata mereka menyediakan 70 kilogram daging kambing, sapi dan ayam.

Baca Juga: 4 Tempat di Bandung Ini Punya Sate Kambing Empuk Juicy (dwa/odi)