Haru! Pria Ini Santap Hidangan Pakai Bumbu yang Dibuat Mendiang Ibunya 10 Tahun Lalu

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 23 Des 2020 11:00 WIB
Pria Ini Santap Hidangan Pakai Bumbu yang Dibuat Mendiang Ibunya 10 Tahun Lalu Foto: iStock/Times of India
Jakarta -

Pria Korea ini terharu setelah istrinya memasak makanan. Rupanya masakan itu memakai bumbu yang dimasak oleh mendiang ibunya 10 tahun lalu.

Setiap keluarga memiliki resep yang diturunkan secara turun-temurun dengan ciri khasnya yang berbeda-beda. Seiring waktu resep ini akhirnya menjadi bagian dari setiap perayaan keluarga.

Biasanya dalam sebuah keluarga masakan ibu adalah masakan yang paling digemari. Keahlian tangan seorang ibu bahkan tidak akan tertandingi oleh koki hebat sekali pun.

Masakan ibu menjadi masakan yang akan sangat dirindukan ketika jauh dari rumah. Bahkan bisa menjadi salah satu alasan seseorang merasakan rindu rumah yang amat dalam.

Pria Ini Santap Hidangan Pakai Bumbu yang Dibuat Mendiang Ibunya 10 Tahun LaluPria Ini Santap Hidangan Pakai Bumbu yang Dibuat Mendiang Ibunya 10 Tahun Lalu Foto: iStock/Times of India

Atau bahkan yang lebih merindukan lagi adalah masakan terakhir peninggalan mendiang ibu. Hal ini mengharukan, bagaimana sebuah masakan dapat memutar balikkan waktu saat ibu masih memasak di dapur rumah.

Seperti yang dialami oleh pria Korea Selatan ini. Dilansir dari Time of India (18/12), ia disajikan hidangan yang dimasak ibunya 10 tahun yang lalu sebelum ibunya meninggal.

Istrinya menyimpan dengan baik sisa terakhir dari 'gochujang' buatan sang mertua yang terkenal dan mengejutkan suaminya saat makan pada suatu malam. Pengalaman yang sangat emosional ini dibagikan oleh Eric Kim melalui cuitan pada akun twitter pribadinya.

Baca Juga: 5 Brand Makanan Terkenal Ini Ternyata Punya Sejarah Kelam

"Ini sisa gochujang terakhir peninggalan nenekku sebelum ia meninggal 10 tahun lalu. Ibu menyebut ini sebagai kapsul waktu. Ia menyimpannya di lemari pembeku di lantai bawah selama bertahun-tahun dan ingin mengejutkan ayahku suatu hari. Jadi, suatu hari, beberapa minggu lalu, ibuku mengeluarkan gochujang itu untuk makan malam," tulis Eric.

Pada cuitannya yang lain, Eric juga membagikan momen saat ayahnya merasakan bumbu tersebut saat makan malam. Eric mengatakan bahwa ayahnya tidak menangis, tetapi membicarakan tentang neneknya sepanjang malam.

"Kami menyaksikan ekspresi wajah ayah yang sangat berhati-hati saat merasakannya. Itu tidak membuatnya menangis atau apapun, tetapi ini bisa membuat keluarga kami membicarakan tentang nenek sepanjang makan malam. Seperti apa beliau, bagaimana nenek selalu menyediakan setidaknya seporsi kecil makanan dengan gochujang selama hidupnya," kata Eric.

Eric mengungkapkan bagaimana sensasi anehnya memakan suatu rasa makanan yang tidak akan pernah bisa ia nikmati lagi. Gochujang buatan neneknya tidak manis seperti yang ada di toko-toko dan rasanya sangat enak ketika dituangkan ke nasi gandum atau sebagai saus cocolan untuk ayam panggang. Ia tidak menyangka gochujang yang dinikmati malam itu benar-benar berusia 10 tahun.

Pria Ini Santap Hidangan Pakai Bumbu yang Dibuat Mendiang Ibunya 10 Tahun LaluPria Ini Santap Hidangan Pakai Bumbu yang Dibuat Mendiang Ibunya 10 Tahun Lalu Foto: iStock/Times of India

Tidak hanya membagikan pengalaman menikmati masakan berusia 10 tahun buatan terakhir mendiang neneknya. Eric juga menanyakan kepada pengguna twitter lainnya tentang "Apa benda tertua yang ada di dalam freezer mu?"

Hal ini disambut dengan sangat ramai. Berbagai jawaban yang penuh ingatan terlihat pada balasan-balasan pengguna twitter.

Salah satu akun twitter @YouAndYourEgo juga membagikan tradisi di keluarga. Keluarga tidak menyimpan makanan penuh kenangan di kulkas mereka, tetapi melihat apa yang Eric alami membuatnya mengingat tradisi memasak hidangan favorit mendiang anggota keluarganya di hari sang anggota keluarga meninggal dunia.

"Keluargaku tidak memiliki makanan yang penuh kenangan di kulkas, tetapi hal seperti ini membuatku mengingat bagaimana keluarga kami memasak makanan kesukaan dari mendiang anggota keluarga yang sudah meninggal saat peringatan tahunan di hari mereka meninggal dunia," balas Stephanie Tran.

Beberapa pengguna akun twitter lain juga merespon tentang gochujang buatan mendiang nenek Eric yang berusia 10 tahun. Salah satunya tentang bagaimana gochujang tersebut bisa bertahan lama tanpa bahannya mengalami kerusakan.

"Sudah berapa lama ini dan bagaimana bisa ia membuat itu dengan susu segar? Susu yang belum dipasteurisasi dan krim akan berubah menjadi asam tetapi susu yang sudah dipasteurisasi hanya akan menjadi rusak," balas akun twitter @bjonradstorm.

Gochujang merupakan bumbu khas Korea yang dibuat dari fermentasi ketan, kedelai, cabe merah. Berbentuk pasta kental berwarna merah tua. Sering dicampurkan dalam beragam hidangan Korea dengan rasa gurih pedas enak. Setiap keluarga Korea punya resep gochujang masing-masing.

Baca Juga: Restoran Italia Ini Terletak di Versace Mansion yang Punya Sejarah Kelam



Simak Video "Masak Masak: Resep Nila Bakar Bumbu Rujak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com