Minum 3 Cangkir Kopi Lebih Sehari Membuat Payudara Wanita Mengecil, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Rabu, 23 Des 2020 05:00 WIB
ilustrasi payudara Foto: thinkstock
Jakarta -

Seorang dokter menjelaskan kalau wanita rutin minum kopi, payudara bisa mengecil. Kopi juga mengurangi risiko kanker payudara, apa benar?

Lewat akun tiktok @dr.angelia, wanita yang berprofesi sebagai dokter ini menjelaskan kalau kopi bisa mempengaruhi ukuran payudara wanita. Dr. Angelia memaparkan kandungan kafein yang diasup secara terus menerus bisa membuat payudara menjadi kecil.

"Satu penelitian dilakukan di Lund University menunjukkan sebuah fakta bahwa wanita yang teratur minum kopi dan juga makanan berkafein memiliki risiko kehilangan volume payudara," jelas dr. Angelia.

kepribadian seseorang berdasarkan 5 jenis kopi kesukaanMinum 3 Cangkir Kopi Lebih Sehari Membuat Payudara Wanita Mengecil Foto: iStock

Ia juga mengatakan kalau wanita yang minum lebih dari 3 cangkir kopi setiap hari memiliki ukuran payudara yang kecil. Hal ini disebabkan oleh gen yang berinteraksi dengan minuman kafein akan mengakibatkan perubahan payudara.

Unggahan ini kemudian ramai komentar netizen. Banyak yang akhirnya khawatir mengonsumsi kopi, namun ada yang justru antusias ingin mengecilkan payudara dengan cara enak dan mudah ini. Lantas apa benar mengonsumsi kopi bisa membuat payudara kecil?

Universitas Lund di Swedia melakukan penelitian ada tahun 2008 untuk mempelajari kaitan kopi dan kanker payudara pada 460 wanita. Hasil studi menunjukkan bahwa minum kopi sebanyak tiga cangkir sehari dapat menurunkan risiko kanker hingga 33 persen.

Selain menemukan fakta kalau kopi menurunkan resiko kanker payudara, penelitian ini juga turut membuktikan wanita yang mengonsumsi kopi 3 cangkir per hari akan kehilangan rata-rata 8 persen volume payudara.

Studi menunjukkan wanita yang minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari, memiliki ukuran payudara sekitar 17 persen lebih kecil dibandingkan wanita yang minum kopi kurang dari tiga cangkir sehari. Efek kopi pada ukuran payudara akan semakin kuat untuk setiap cangkir yang diminum.

ilustrasi payudaraMinum 3 Cangkir Kopi Lebih Sehari Membuat Payudara Wanita Mengecil Foto: thinkstock

British Journal of Cancer juga mempublikasikan bahwa minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari sudah cukup untuk membuat ukuran payudara mengecil. Para peneliti mengatakan kafein pada kopi dapat mempengaruhi hormon pada payudara.


Kondisi ini memberi efek berbeda pada setiap wanita. Intinya, hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan agar efek sehatnya bisa tetap dirasakan.



Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com