Miris! Restoran di Korea Selatan Ini Tutup Akibat Ulah Youtuber

Devi Setya - detikFood Selasa, 22 Des 2020 19:00 WIB
Restoran di Korea Selatan Ini Tutup Akibat Ulah Youtuber Foto: oddity central
Jakarta -

Seorang youtuber membuat restoran di Korea Selatan terpaksa tutup. Hal ini dikarenakan hasil ulasannya yang tidak sesuai kenyataan.

Youtuber makanan ibarat pisau bermata dua, mereka bisa membuat resto ramai tapi juga bisa membuat resto tutup akibat ulasannya. Di Korsel ada sebuah restoran yang terpaksa tutup akibat ulah youtuber.

Dilansir dari Oddity Central (21/12) seorang youtuber pengulas restoran bernama HayanTree mendapat kecaman setelah membuat salah satu resto tutup secara permanen. Hasil ulasannya yang salah informasi, memberi dampak negatif bagi pemilik resto.

Restoran di Korea Selatan Ini Tutup Akibat Ulah YoutuberRestoran di Korea Selatan Ini Tutup Akibat Ulah Youtuber Foto: oddity central

Pada 7 Desember, HayanTree mengunggah video ulasan tentang restoran kepiting berbumbu kecap asin di Daegu. Youtuber dengan jumlah subscriber 700.000 ini menampilkan dirinya saat mengambil kepiting di resto berkonsep all you can eat. Namun dalam videonya terlihat butiran nasi pada bumbu kepiting.

Dari ulasan ini banyak orang yang kemudian berpikir kalau pihak resto menggunakan kembali makanan sisa yang tak terjual. Ulasan kontroversial tersebut dengan cepat menjadi viral, mendapatkan lebih dari 1 juta penayangan dalam hitungan hari, dan mempengaruhi bisnis restoran ini.

Resto ini akhirnya tutup hanya dalam hitungan hari sejak ulasan ditayangkan.

"Dalam waktu kurang dari dua hingga tiga jam setelah YouTuber memposting video, anggota staf kami beberapa kali menjelaskan kepada pengunjung bahwa kami tidak menggunakan kembali makanan sisa. Kami menjamin hal ini dan berani menunjukkan rekaman kamera pengawas," kata pemilik restoran ini kepada The Korea Herald.

Rekaman kamera pengawas atau cctv menunjukkan kalau butiran nasi pada bumbu kepiting ini berasal dari sisa makanan yang disantap HayanTree. YouTuber ini juga mengakui kesalahannya dan menghapus ulasan negatifnya. Ia juga memposting video permintaan maaf sebagai gantinya.

"Saya meminta maaf kepada pemilik restoran karena membuat video tersebut tanpa memikirkan dampaknya," kata HayanTree dalam videonya. "Saya seharusnya membuat video dengan fakta yang akurat dan saya benar-benar minta maaf atas ketidaktahuan saya."

Tetapi video klarifikasi dan permintaan maaf ini tidak banyak membantu restoran tersebut, pemilik resto mengatakan restorannya terpaksa tutup.

Restoran di Korea Selatan Ini Tutup Akibat Ulah YoutuberRestoran di Korea Selatan Ini Tutup Akibat Ulah Youtuber Foto: oddity central

"Saat YouTuber datang untuk syuting lagi, kami sudah tutup," kata pemiliknya. "Saya sangat frustrasi dan tidak menyangka bisnis ini hancur karena YouTuber, ini lebih menakutkan daripada virus corona."

Selasa lalu, pemilik restoran yang merasa dirugikan ini memposting petisi nasional di situs web Cheong Wa Dae, melampiaskan kekesalannya tentang bagaimana HayanTree memfitnah restorannya. Ia meminta pihak berwenang untuk ikut campur tangan mengatur kegiatan para youtuber agar bisnis lain tidak mengalami hal serupa.



Simak Video "Ajak Mukbang Pekerja Bangunan, YouTuber Tanboy Kun Dipuji Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com