5 Tips Membuat Fruitcake yang Legit dan Lembut Teksturnya

Odilia WS - detikFood Senin, 21 Des 2020 11:00 WIB
Tips membuat fruitcake Foto: detikfood
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
Jakarta -

Fruitcake jadi suguhan istimewa saat Natal. Meskipun memakai banyak campuran buah, tidak sulit membuat cake legit ini. Ikuti saja tips berikut ini.

Karena memakai banyak campuran buah kering seperti ceri, kismis, sultana, aprikot, sukade, lemon peel hingga cranberry, fruitcake relatif mudah dibuat. Ini karena adonan cake hanya sebagai pengikat buah-buahan kering yang banyak dipakai dalam adonan.

Dalam 1 resep fruitcake biasa dipakai 1 kg campuran buah kering dan kacang-kacangan. Untuk versi yang ringan atau light fruitcake dipakai 500 gram. Karena sangat penting memperhatikan buah-buahan kering yang dipakai sebagai bahan utama cake ini.

Aneka buah-buahan kering banyak dijual di toko bahan kue atau pasar swalayan. Demikian juga dengan beragam kacang-kacangan yang ditambahkan. Pilih jenis buah sesuai selera, padukan yang manis legit dengan yang sedikit asam segar agar enak rasanya.

Berikut ini beberapa tips penting membuat fruitcake agar hasilnya cake legit dan lembut teksturnya.

1. Jenis buah kering dan kacang-kacangan

Tips membuat fruitcakeTips membuat fruitcake Foto: detikfood

Buah-buah kering yang biasa dipakai adalah manisan ceri merah dan hijau, kismis, sultana, cranberry, mixed peel atau sukade. Bisa juga ditambahkan aprikot dan manisan prune yang sedikit asam.

Pilih buah kering yang berkualitas bagus, teksturnya lembap dan tidak ada kristal gula. Potong-potong buah kering yang berukuran besar menjadi ukuran sedang yang sama besar sehingga memberi warna fruitcake yang cantik.

Selain buah kering juga biasa ditambahkan kacang-kacangan. Seperti kacang almond, kacang walnut atau kacang mete. Boleh juga ditambah bijian seperti biji bunga matahari atau pine nut. Panggang kacang sebentar dalam oven lalu potong-potong dengan ukuran yang sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Christmas Fruitcake ala Chef Narto Bayu"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com