Hidangan Natal Rumahan

Ini Cerita Fruitcake Menjadi Andalan Sajian Natal dan Tahun Baru

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 16 Des 2020 17:30 WIB
Cerita di Balik Fruitcake Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
Jakarta -

Salah satu jenis kue yang jadi ikonik Natal adalah fruitcake. Ternyata ada kisah menarik soal kue yang sarat buah kering hingga jadi penanda datangnya musim liburan.

Beberapa tradisi turun temurun mempengaruhi keberadaan makanan yang sering dijadikan hidangan khas. Misalnya di Indonesia saat lebaran ketupat menjadi ikon di meja makan.

Di Amerika dan Eropa ketika musim liburan bulan Desember, Natal dan tahun baru maka akan ada fruitcake atau kue ikonik di meja suguhan. Dianggap sebagai syarat wajib. Liburan tanpa fruitcake katanya akan terasa berbeda.

Namun akhir-akhir ini candaan tentang fruitcake menjadi hiburan umum di Amerika. Bahkan seorang pembawa acara terkenal ikut melemparkan candaan terkait fruitcake ini.

Cerita di Balik FruitcakeCerita di Balik Fruitcake Foto: iStock

"Hanya ada satu fruitcake di dunia dan orang-orang terus membagikan satu sama lain," kata Carson, pembawa acara terkenal di The Tonight Show.

Ternyata fruitcake berasal dari kesulitan tukang roti di Timur Tengah dalam mendapatkan gula. Michael Krondl, seorang penulis kuliner, mengatakan bahwa fruitcake yang dijual saat ini lebih kering dan menggunakan perasa buatan yang seharusnya tidak seperti itu.

Mengutip penjelasan Krondl pada The Daily Meal (27/10), resep tertua fruitcake ini berasal dari makanan asal Babylonia. Pada saat itu gula dijual dengan harga yang sangat mahal dan sulit ditemukan.

Baca Juga: Ini Cara Bikin Fruitcake Enak dan Praktis dari Chef Hotel Berbintang

Akibat harga gula yang mahal dan cukup sulit didapatkan membuat para tukang roti memutar otak untuk mengakali pemanis pada kue. Komoditas buah-buahan kering dan kurma yang cukup banyak membuat para tukang roti akhirnya berinisiatif utnuk menambahkan ke dalam adonan kue.

Cerita di Balik FruitcakeCerita di Balik Fruitcake Foto: iStock

Tahan disimpan lama, membuat fruitcake secara khusus jadi suguhan dalam sebuah acara perayaan. Seperti pernikahan, liburan dan perayaan-perayaan lainnya yang biasa dilakukan bersama dengan keluarga. Tradisi ini sudah dilakukan sejak berabad-abad lampau.

Bahkan karena fruitcake tahan disimpan lama membuat kue ini dapat dikirim ke berbagai wilayah hingga antar negara. Ini juga yang membuat fruitcake disimpan sebagai camilan tengah malam.

Fruitcake ini kemudian menjadi populer setelah dibawa keluar dari Timur Tengah dan mulai diperkenalkan di dataran Eropa. Beberapa perubahan resep dilakukan untuk menyesuaikan selera orang-orang Eropa.

Cerita di Balik FruitcakeCerita di Balik Fruitcake Foto: iStock

Salah satunya seperti fruitcake khas Inggris. Di Inggris fruit cake menjadi kue yang lebih beralkohol. Campuran alkohol diberikan pada fruitcake untuk memberikan tekstur yang lebih lembab dan sedikit mengatasi rasa kering dari resep asli fruitcake.

Sedangkan di Amerika penggunaan alkohol pada fruitcake sangat dilarang. Sehingga fruitcake yang ada di Amerika akan jauh lebih kering. Padahal penambahan alkohol pada kue akan membantu memberikan kelembapan dan rasa lebih enak jika disimpan lama.

Karena rasanya enak dan tahan lama karena memakai banyak sekali campuran buah-buahan kering, fruitcake bisa tahan berbulan-bulan. Umumnya orang Eropa dan Amerika membuat fruitcake 1-2 bulan sebelum hari natal dan tahun baru.

Untuk menambah daya simpan dan penampilan lebih baik, fruitcake sering dibalut dengan marzipan. Gula dalam buah kering dan marzipan membuat cake tetap lembap dan makin enak meski disimpan lama.

Baca Juga: Resep Kue: Traditional Square Fruit Cake



Simak Video "Resep Christmas Fruitcake ala Chef Narto Bayu"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com