Fruitcake Ini Jadi Warisan Keluarga, Umurnya Sudah 141 Tahun!

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 20 Des 2019 15:31 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Fruitcake berumur 141 ini masih disimpan hingga sekarang oleh satu keluarga di Amerika Serikat. Saking lamanya, fruitcake jadi warisan keluarga!

Dilansir dari MSN (17/12), sebuah keluarga yang tinggal di Amerika Serikat punya tradisi unik dengan fruitcake yang mereka siapkan saat Natal. Bukan membuat fruitcake yang paling enak, melainkan mengeluarkan fruitcake berusia 141 tahun yang sudah lama disimpan.

Fruitcake ini merupakan peninggalan dari buyut mereka 141 silam dan diberikan turun-temurun. Fruitcake ini disimpan dan dijadikan tradisi untuk mengenang sang buyut.

Fruitcake Ini Jadi Warisan Keluarga, Umurnya Sudah 141 Tahun!Foto: Istimewa

Menurut cerita dari Julie Ruttinger yang kini menyimpan fruitcake tersebut, dulu sang buyut membuat fruitcake tersebut untuk disajikan saat santap bersama keluarga. Namun belum sempat disajikan kepada keluarga, sang buyut meninggal dunia tahun 1878.

Oleh karena itu, keluarga dari Ruttinger berinisiatif meyimpan fruitcake tersebut untuk dijadikan kue agar kenangan tentang buyutnya tak hilang. Fruitcake tersebut disimpan dalam wadah kaca dan dihadirkan tiap perayaan Natal.

Baca Juga: Tetap Awet! Ini 10 Makanan Tertua di Dunia Berusia Ribuan Tahun

Julia Ruttinger mengatakan, "Ini hal yang hebat, itu sebuah tradisi dan warisan."

Namun tentunya kue tersebut sudah tak dapat dimakan. Jelas saja fruitcake tersebut telah berusia 141 tahun dan teksturnya saat ini telah sangat keras seperti batu. Fruitcake ini menurut penjelasan dari Ruttinger sudah diturunkan selama lima generasi.

Fruitcake ini sempat dihadirkan dalam acara 'The Tonight Show with Jay Leno' pada 15 tahun lalu. Leno yang memandu acara sangat berani mencicipi fruitcake tua tersebut. Ia pun menjelaskan kalau fruitcake tersebut rasanya hambar dan tak enak.

Fruitcake Ini Jadi Warisan Keluarga, Umurnya Sudah 141 Tahun!Foto: Istimewa

Namun fruitcake yang memiliki usia 141 tahun ini bukanlah satu-satunya kue yang memiliki usia paling tua. Menurut Guinness World Records ada kue tertua di dunia yang terbuat dari wijen, madu, dan susu. Kue tersebut ditemukan di makam Pangeran Pepionkh yang bermukim di Mesir sekitar tahun 2200 SM.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan Tertua Dunia yang Umurnya Ratusan Tahun

Simak Video "Bikin Laper: Review Warung Korea Pop di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com