ADVERTISEMENT

Inilah 5 Makanan Tertua Dunia yang Umurnya Ratusan Tahun

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood
Senin, 09 Nov 2015 17:50 WIB
Foto: Mental Floss
Jakarta - Makanan yang kita tahu mudah sekali untuk membusuk. Tapi ternyata, para arkeolog dan sejarawan ini berhasil menemukan makanan yang masih bertahan selama berabad-abad!

Selama berabad-abad, telah banyak benda dari zaman terdahulu yang tertimbun dan menjadi bukti penting sejarah. Diantaranya bahkan ada makanan yang ​sebenarnya ​bisa membusuk karena tekstur makanan yang mudah hancur. Inilah beberapa diantaranya.


1. Wine



Foto: Mental Floss
Sejarah mengenal bangsa Roma dahulu adalah bangsa yang sangat besar. Kekayaan, kemakmuran akan senjata, dan infrastruktur ada di tangan mereka. Begitu juga dengan gaya hidup mereka, dan wine termasuk diantaranya. Wine ini adalah satu-satunya benda cair yang masih tersisa dari kejayaan Roma.

Wine ini ditemukan di dalam sarkofagus, diantara botol-botol lain yang telah mengering seiring dengan berjalannya waktu. Seperti yang dilansir dari mentalfloss.com (09/11), botol berisi wine ini bisa bertahan lama karena adanya minyak zaitun yang melindungi wine dari oksidasi di penutup gabusnya. Tekstur wine tersebut sudah berlilin dan berlumpur, dan kandungan alkoholnya sudah hilang.

2. Roti



Foto: Mental Floss
Roti punya tekstur yang empuk dan lembut, biasanya mudah hancur, apalagi jika terkena air dan udara yang ekstrim. Tapi, ada juga roti yang ditemukan di Oxfordshire, Inggris. Penemuan roti ini pun jadi penemuan penting karena diperkirakan telah berumur 5500 tahun. Lucunya, roti ini adalah roti yang terlalu matang dan dikira sebagai arang pada awalnya oleh para peneliti.
Namun, seorang peneliti menyadari ia menemukan butiran gandum di dalamnya. Jika perkiraan umur roti itu benar, roti ini mungkin dibuat oleh orang yang pertama kali masuk ke Inggris dari Eropa.

3. Mentega



Foto: Mental Floss
Kebiasaan orang Irlandia yang pelupa ternyata ada hikmahnya. Para arkeolog harus berterimakasih dengan kebiasaan orang Irlandia yang suka menenggelamkan mentega buatannya di dalam rawa-rawa setelah selesai dibuat. Karena pada tahun 2009, masih ada tersisa sekitar 200 kilogram mentega di dalam satu wadah yang besar yang terbuat dari kayu. Mentega tesebut sudah tak creamy lagi, namun masih tetap berlemak dan mengandung lilin. Konservator dari The National Museum of Ireland yang bernama Carol Smith berpendapat mentega ini adalah temuan nasional terbesar dan akan dijaga untuk penelitian.

4. Mie



Foto: Mental Floss
Telah banyak bangsa yang menganggap mie adalah temuan mereka. Antara lain adalah orang China, Italia, dan Arab. Baru-baru ini telah ditemukan di Lajia, Minhe, Haidong, China. Umur mie ini sudah 4.000 tahun saat ditemukan di situs Lajia. Ceritanya, 4.000 tahun yang lalu Sungai Kuning mengalami banjir dan mengakibatkan bencana bagi banyak orang. Semangkuk mie pun ditinggalkan oleh pemiliknya yang terburu-buru. Mie inilah yang kemudian telah bertahan hingga sekarang.

5. Cokelat



Foto: Mental Floss
Siapa sangka sekaleng kecil cokelat ini bisa jadi bukti sejarah dan bertahan selama 110 tahun? Cokelat ini tadinya dibuat untuk memperingati hari penobatan King Edward VII tahun 1902. Lalu, mengapa cokelat dari istana ini tak kunjung dimakan? Ternyata, seorang anak sekolah lupa untuk memakannya. Walau semua cokelatnya sudah tak berbentuk cantik dan mengeras, cokelat yang telah menjadi bukti sejarah ini pun akhirnya didonasikan kepada St. Andrews Preservation Trust di tahun 2008.



(tan/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT