Tinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu Tempe

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 20 Des 2020 14:00 WIB
Tinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu Tempe Foto: YouTube Dian Bara
Jakarta -

Tempe mudah ditemui di Indonesia, tapi tidak di luar negeri. Karenanya wanita Banyuwangi di Inggris ini merasa bahagia saat bisa menemukan tempe di supermarket.

Banyak orang Indonesia kini tinggal di luar negeri karena berbagai alasan. Ada yang menempuh pendidikan atau karena menikah dengan orang luar negeri. Untuk alasan kedua, mereka biasanya ikut menetap di negara pasangannya.

Salah satunya dialami Dian Bara, wanita Banyuwangi yang kini tinggal di Inggris. Ia menikah dengan pria bernama Daniel. Kehidupan keduanya menarik disimak karena Dian kerap mengunggahnya ke YouTube.

Terbaru (15/12), Dian bercerita kalau dirinya bahagia akhirnya bisa menemukan tempe di Inggris. Awalnya ia dan Daniel mengunjungi sebuah toko bahan makanan Asia yang harus ditempuh sekitar 1 jam dari rumahnya.

Tinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu TempeTinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu Tempe Foto: YouTube Dian Bara

Setelah sampai, Dian langsung tertuju pada cabai. "Stok cabai aku sudah mulai habis. Lumayan segini," ujarnya sambil mengambil cabai rawit. Ia juga memborong banyak cabai merah besar.

Setelah itu, Dian menunjukkan stok beras yang ada di toko tersebut. Beras itu dikemas dalam karung 20 kg. Dian bilang harganya sekitar Rp 640 ribu. "Mahal banget. Beruntung ya di Indonesia beras murah," ujarnya.

Baca Juga: Keseruan Wanita Banyuwangi Saat Panen Almond di Inggris, Langsung dari Pohon!

Terlihat di toko Asia itu juga menjual pare, okra, kemangi (Thai basil), dan ragam sayuran segar lainnya. Lanjut ke lantai bawah, Dian mencari Indomie. Ia membeli banyak mie instan sebagai stok karena nanti ketika Natal akan sulit keluar rumah.

Tinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu TempeTinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu Tempe Foto: YouTube Dian Bara

"Aku suka yang rasa kari dan ayam bawang, tapi lebih suka kari," katanya. Ia memborong 12 bungkus Indomie ditambah kecap manis dan saus sambal ABC. Terungkap kalau suaminya doyan makan sambal ABC varian Extra Pedas.

Setelah itu Dian berusaha cari petai di kulkas, namun tak menemukannya. Tapi ia malah kesenangan saat mendapati tempe. Terlihat tempe dikemas menggunakan plastik bening. Bentuknya persegi panjang dan lumayan besar.

"Ya Allah, aku nemu tempe," katanya dengan intonasi suara sangat bahagia. Dian putuskan beli satu tempe dulu karena ingin tahu rasanya enak atau tidak.

Hal menarik lainnya, Dian juga menunjukkan wajan dan panci yang dijual di toko Asia itu. Juga beragam bahan makanan Asia seperti ikan asin, manisan mangga, sampai saus tiram.

Tinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu TempeTinggal di Inggris, Wanita Banyuwangi Ini Bahagia Nemu Tempe Foto: YouTube Dian Bara

Di rumah, Dian unboxing semua bahan belanjaan sambil memberi tahu harganya. Kecap ABC kemasan botol 600 ml yang ia beli harganya Rp 55 ribu, satu bungkus tempe (400 gram) asal Belanda harganya Rp 40 ribu, ragam cabai seharga Rp 120 ribu, dan sambal ABC Extra Pedas harganya Rp 40 ribu.

Bagaimana dengan Indomie? Dian membelinya dengan harga Rp 9 ribu per bungkus. "Terakhir aku beli tahu goreng, 230 gram, harganya Rp 60 ribu," pungkasnya. Total ia menghabiskan hampir Rp 700 ribu untuk belanja bahan makanan di toko Asia.

Baca Juga: Segini Lho Harga Tempe di Arab hingga Korea, Ada yang Rp 400 Ribu!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com