7 Makanan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO, Wajib Dicoba!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 14 Des 2020 13:00 WIB
Makanan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO Foto: iStock
Jakarta -

Setiap negara mempunyai karakteristik dan ciri khas kuliner. UNESCO sebagai lembaga resmi yang menangani budaya menetapkan beberapa makanan sebagai warisan budaya tak benda.

Mencicipi makanan nasional yang khas dari suatu wilayah adalah salah satu cara untuk menikmati perjalanan wisata di tempat tersebut. Tiap-tiap wilayah dengan budayanya masing-masing memiliki hidangan yang khas yang hanya bisa didapatkan di wilayah tersebut.

Misalnya di Indonesia yang memiliki banyak ragam suku yang tiap-tiap sukunya memiliki makanan-makanan khas yang lezat. Seperti saat pergi ke Jogja makanan khasnya adalah gudeg atau saat ke Semarang makanan khasnya adalah lumpia.

UNESCO sebagai lembaga resmi yang berkaitan dengan kebudayaan menggolongkan makanan khas daerah menjadi warisan budaya tak benda. Bahkan UNESCO juga merekomendasikan makanan dan minuman dari berbagai budaya yang patut untuk dicoba saat mengunjungi negara-negara tersebut.

Berikut ini 7 negara dengan makanan yang direkomendasikan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda, seperti dilansir Euro News (15/10):

1. Neapolitan Pizzaiuolo, Italia

Makanan Warisan Budaya Tak Benda UNESCOMakanan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO Foto: iStock

Menunggu pesanan pizza datang di restoran pizza memang cukup membosankan. Namun akan berbeda sensasinya jika makan pizza langsung di daerah asalnya, yaitu Naples, Italia.

Mereka masih melestarikan memasak pizza dengan tradisi lokal yang melibatkan beberapa tahap tradisional. UNESCO mengakui karya Pizzaiuolo sebagai seni. Tradisi ini diturunkan dalam keluarga asli Italia atau melalui kursus yang diselenggarakan oleh Asosiasi Neapolitan Pizzaiuolo.

2. Kopi Turki

Budaya minum kopi di Turki dianggap sebagai simbol keramahan dan persahabatan yang selalu dilakukan ketika menerima tamu atau saat perayaan acara yang penting.

Biji kopi panggang digiling menjadi bubuk. Kemudian dicampur dengan air dingin dan gula dalam wadah kopi khusus yang terbuat dari tembaga yang disebut cezve. Kopi diseduh di atas kompor atau pasir panas hingga hampir mendidih. Teknik akan menciptakan busa tebal khas kopi Turki begitu terkenal.

Baca Juga: Belgia Inginkan Kentang Goreng dan Mayo Masuk Warisan Dunia UNESCO

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pemerintah Akan Daftarkan Tempe ke UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com