Belgia Inginkan Kentang Goreng dan Mayo Masuk Warisan Dunia UNESCO

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 06 Jun 2018 12:52 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Pizza Neapolita Italia mendapat gelar Warisan Dunia oleh UNESCO. Kini Belgia inginkan gelar yang sama dimiliki oleh kentang goreng dan mayonnaise.

Sudah banyak makanan yang diakui UNESCO sebagai Warisan Dunia. Pertengahan Desember 2017, UNESCO resmi mengesahkan pizza Neapolitan sebagai status Warisan Dunia atau World Heritage. Langkah ini ditetapkan selang seminggu setelah lebih dari 2 juta orang Italia menandatangani sebuah petisi saat itu.

Belgia Inginkan Kentang Goreng dan Mayo Masuk Warisan Dunia UNESCOFoto: iStock
Baca juga: Akhirnya Pizza Neapolitan Mendapatkan Status Warisan Dunia dari UNESCO

Setelah itu, baker Prancis juga turut mengupayakan agar roti baguette mendapat gelar yang sama. Awal tahun lalu, Konfederasi Baking dan Pastry Nasional Prancis dikabarkan bertemu dengan presiden non-kuliner Prancis, Emmanuel Macron. Ini dilakukan untuk meminta bantuan resmi soal kampanye tradisi Baguette de France masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

Belgia Inginkan Kentang Goreng dan Mayo Masuk Warisan Dunia UNESCOFoto: iStock
Belgia juga tak ingin ketinggalan. Salah satu negara bagian Eropa ini ingin kentang goreng dan mayonnaise masuk Warisan Dunia UNESCO lapor Daily Meal (5/6).

Hal tersebut diawali dengan adanya petisi yang dibuat oleh merek mayonnaise populer di Belgia, Natura. Berdasarkan keterangan Arthus de Bousies selaku Direktur Pelaksana Natura, rasa mayonnaisenya seperti rasa 'World Cup'. Ia juga menyebutkan, "Kami berasal dari negara kecil, tapi kentang goreng dan mayo kami sangat berkualitas. Kami siap untuk pergi kemanapun."

Sebenarnya sudah banyak hal di Belgia yang masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO. Termasuk di dalamnya budaya minum bir masyarakat Belgia.

Belgia Inginkan Kentang Goreng dan Mayo Masuk Warisan Dunia UNESCOFoto: Getty Images
Selain itu, ada fakta unik soal kentang goreng khas Belgia ini. Warga Amerika Serikat menyebutnya 'French Fries'. Hal ini dikarenakan tentara AS yang diberi camilan khas Belgia itu justru menamainya 'French Fries' karena mereka di tempatkan di wilayah Perancis seperti dilansir The Culture Trip (17/10).

Sehingga camilan lezat ini masih dalam perdebatan antara Belgia dan Perancis. Bahkan ada yang menyebutkan kalau kentang goreng renyah itu berasal dari Spanyol.

Walau demikian, ada banyak frieteries atau penjual kentang goreng yang bisa Anda temukan di seluruh wilayah Belgia. Di sana, kentang goreng biasanya disajikan di cone atau di nampan dengan topping mayonnaise, saus bolognaise hingga tartar dan saus keju.

Baca juga: Prancis Ingin Baguette Masuk Warisan Budaya Dunia UNESCO (dwa/odi)