Akhirnya Pizza Neapolitan Mendapatkan Status Warisan Dunia dari UNESCO

Devi Setya - detikFood Jumat, 08 Des 2017 09:59 WIB
Foto: iStock/Independent Foto: iStock/Independent
Jakarta - Makanan juga bisa dinobatkan sebagai warisan dunia. Pizza Italia resmi mendapat gelar sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.

Sebagaimana dikabarkan Food and Wine (7/12) UNESCO resmi mengesahkan pizza Neapolitan dan layak digelari status Warisan Dunia atau World Heritage. Langkah ini ditetapkan selang seminggu setelah lebih dari 2 juta orang Italia menandatangani sebuah petisi.

Isi petisi ini antara lain meminta pengakuan yang menyatakan segala hal tentang "pizzaiuoli" atau pembuat pizza yang berasal dari Naples atau Napoli. Juga teknik pembuatan pizza dari menyiapkan, membuat adonan pizza, mengisi dengan topping hingga memanggang pizza dengan kayu merupakan bagian penting tradisi budaya dan kuliner di Italia.

Baca juga : Pecahkan Rekor, Ini Pizza Italia Terpanjang di Dunia

Akhirnya Pizza Neapolitan Mendapatkan Status Warisan Dunia dari UNESCOFoto: iStock/Independent

Dengan gelar barunya, pizza bergabung bersama anggota komunitas Warisan Dunia UNESCO yang baru. Beberapa di antaranya chogan yakni permainan berkuda asal Iran yang diiringi cerita dan musik. Ada juga kerajinan kincir angin dan kegiatan pengeboran di Belanda, pembuatan kapal tradisional di Sulawesi Selatan Indonesia serta hidangan tradisional nsima dari Malawi.

Sementara dalam bidang kuliner, pizza dicatat bersama kopi tradisional Turki, kue jahe dari Kroasia, masakan khas Prancis serta masakan tradisional asal Meksiko. Status ini diharapkan bisa membuat masyarakat lebih sadar dan peduli betapa berharganya sebuah tradisi dan budaya.

Pizza Neopolitan khas Italia sendiri secara tradisional memiliki 2 versi yang berbeda yakni margherita, sebuah pizza dengan tomat, mozarella, minyak dan daun basil serta pizza marinara yang dengan topping saus tomat, bawang putih, oregano dan minyak.

Akhirnya Pizza Neapolitan Mendapatkan Status Warisan Dunia dari UNESCOFoto: iStock

Seorang penggemar pizza Italia menyampaikan pendapatnya lewat Reuters, "Saya pikir dan saya harap ini bisa jadi satu cara menjelaskan pada seluruh orang agar mereka mengerti bahwa pizza Italia dibuat tanpa Nutella atau nanas sebagai topping."

Sejarah mencatat, pizza margherita diciptakan pada 1889 sebagai ungkapan rasa hormat pada Ratu Margherita saat mengunjungi Naples. Jika diperhatikan, pizza ini memiliki warna merah, hijau dan putih persis seperti warna bendera Italia.

Meskipun kini banyak bertebaran usaha pizza yang inovatif dan kekinian. Nyatanya pizza klasik masih terus eksis di hampir semua restoran. (dvs/odi)