#KansasBukaLagi Bikin Pedagang Kantin FIB UI Capai Omzet Rp 200 Juta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 10 Des 2020 09:00 WIB
#KansasBukaLagi Bikin Pedagang Kantin FIB UI Capai Omzet Rp 200 Juta Foto: dok. Geri Irawan
Jakarta -

Gerakan #KansasBukaLagi yang digagas alumni FIB Universitas Indonesia (UI) sempat viral. Gerakannya berdampak positif karena bisa membuat pedagang kantin FIB UI capai omzet total Rp 200 juta selama 3 bulan.

Adalah Geri Irawan, alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI yang menggagas gerakan #KansasBukaLagi di media sosial pada September 2020. Hal ini bermula dari keprihatinannya pada pada pedagang kantin kampus yang terdampak Corona.

Pasalnya mereka tak mendapat pemasukan sama sekali saat pandemi Corona merebak. Tidak ada sesi perkuliahan membuat para pedagang kantin kampus tak bisa menjajakan makanannya.

Geri kemudian mengajak beberapa rekan alumni FIB UI untuk memperhatikan kondisi para pedagang itu. Ia merasa punya koneksi yang kuat karena memiliki kenangan manis bersama mereka.

#KansasBukaLagi bantu pedagang kantin kampus jualan online

#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI Foto: Twitter@Geriirawan

Gerakan #KansasBukaLagi pada prinsipnya membantu pedagang kantin kampus kembali mendapat pemasukan dengan berjualan online. Geri bersama lima temannya bukan memberi uang, melainkan akses yang dibutuhkan untuk berjualan online.

Akses tersebut antara lain mendaftarkan usaha pedagang kantin kampus di layanan pesan makanan ojek online. "Kita juga diskusi masalah menu, strategi promosi, sampai harganya," ujar Geri (7/10) pada detikFood.

Inisiatifnya mendapat respons positif, meski diakui Geri butuh upaya ekstra untuk menjelaskan semua prosedur berjualan online satu per satu pada para pedagang kantin kampus.

Setelah itu, Geri juga mendampingi mereka dalam proses berjualan sehingga bisa langsung membantu jika ada kesulitan.

Berawal dari 3 pedagang kantin kampus FIB UI

#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI#KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI Foto: Twitter@Geriirawan

Awalnya Gerakan #KansasBukaLagi merangkul 3 pedagang di Kantin Sastra (Kansas) FIB UI. Ketiganya adalah Gado-gado dan Ketoprak Kopral, Soto Mie Siomay Mpek-mpek Emak, dan Ayam Kremes Mas Alan. Kemudian menyusul 2 pedagang yaitu Penyetan Mas Roni dan usaha sate di Kemiri Muka.

Terbaru, Geri (8/12) mengungkap pada detikFood kini ada 10 pedagang kantin kampus yang telah bergabung.

"Ketoprak & Gado-Gado Kopral, Soto Mie Emak, Sate Abah Suli, Ayam Kremes Mas Alan, Mie Ayam Mas Sagi, Warung Pojok, Soto Mas Dul, Ayam Rica Budhe Mar, Junk Food Nino, dan Penyetan Mas Roni," katanya.

Secara berkala, Geri memperbarui informasi mengenai pedagang kantin kampus ini via media sosial. Ada Instagram @kantin.sastra dan Twitter @Geriirawan yang jadi sarananya.

Geri mengunggah makanan apa saja yang dijajakan pedagang kantin kampus itu. Berikut informasi harga, lokasi, dan promo jika memang sedang ada.

Baca Juga: #KansasBukaLagi, Gerakan Alumni Bantu Lariskan Pedagang Kantin Sastra UI

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com