Kantin Kampus

Legendaris dari Kantin FISIP UI, Nasi Allo Seharga Rp 13.000!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Jan 2020 15:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Tiap fakultas Universitas Indonesia (UI) memiliki kantin yang menarik disambangi. Di kantin FISIP UI, ada menu legendaris bernama nasi allo.

Kantin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI sejak dulu dikenal dengan nama Takor alias Taman Korea. Konon karena suasana kantin yang berada di dekat taman membuat tampilannya mirip taman-taman di Korea.

Legendaris dari Kantin FISIP UI, Nasi Allo Seharga Rp 13.000!Kantin Balsem alias Balik Semak di kawasan FISIP UI (Foto: dok. detikFood)

Selain itu, kantin FISIP UI juga terkenal dengan nama Balsem alias Balik Semak. Tampilannya jauh lebih bersih dan rapih dari sebelum direnovasi. Jika dulu terlihat banyak mahasiswa bebas merokok di area kantin, kini tidak lagi. Pasalnya terdapat larangan merokok di sini.

Area bersantapnya sedikit berubah dengan jejeran tenant yang lebih rapih. Jumlahnya lebih banyak dari kantin psikologi UI. Sekitar 20 tenant menjajakan beragam makanan, mulai dari nasi pecel, nasi ayam penyet, nasi goreng, mie ayam bakso, bento, roti dan dessert, sampai ragam minuman.

Baca Juga: Intip Tampilan Kantin Psikologi UI yang Bersih dan Higienis

Legendaris dari Kantin FISIP UI, Nasi Allo Seharga Rp 13.000!Pengunjung kantin FISIP UI harus ambil alat makan sendiri sebelum bersantap (Foto: dok. detikFood)

Harganya juga terjangkau, berkisar dari belasan ribu hingga Rp 20.000 saja. Yang juga menarik adalah sistem bersantap di sini. Mirip seperti di kantin psikologi UI dimana piring dan alat makan wajib diambil sendiri sebelum memesan ke tenant yang dituju.

Saat detikFood (16/1) mampir, kantin FISIP UI terlihat cukup ramai walau mahasiswa sedang libur. Beberapa mahasiswa datang untuk mengurus keperluan administrasi, sedangkan pengunjung kantin lain adalah pegawai di sekitar UI yang hendak makan siang.

Legendaris dari Kantin FISIP UI, Nasi Allo Seharga Rp 13.000!Area kantin FISIP UI kini tidak diperbolehkan ada asap rokok (Foto: dok. detikFood)

Kami tak melewatkan nasi allo yang terkenal dari kantin FISIP UI. Menurut penjualnya, nasi allo sudah dikelola generasi kedua sejak dijajakan pertama kali tahun 1990-an. Nama gerainya adalah Allo Ceria. Menu yang ditawarkan mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 16.000 saja.

Ada pilihan nasi allo, nasi rian, nasi goreng telor, nasi goreng kambing, mie goreng, dan kwetiaw goreng. Khusus nasi allo, harganya Rp 13.000.

Legendaris dari Kantin FISIP UI, Nasi Allo Seharga Rp 13.000!Nasi Allo yang legendaris dari kantin FISIP UI, harganya Rp 13.000 saja (Foto: dok. detikFood)

Hanya butuh waktu sebentar membuat nasi ini. Tampilannya mirip nasi gila berupa nasi putih yang disirami topping suwiran ayam, telur, dan bakso yang berbumbu gurih manis. Makin enak ditambahkan sambal pedas.

Nasi allo juga disertai kerupuk oranye yang rasa gurihnya khas. Bagi mahasiswa di kantin FISIP UI yang kelaparan, seporsi nasi allo dijamin puaskan selera karena porsinya begitu besar dan mengenyangkan. Coba, yuk!

Baca Juga: Asyiknya! Bisa Nongkrong dengan Banyak Pilihan Makanan Berharga Murah



Simak Video "Surga Jajanan Murah di Kantin Kampus Atma Jaya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)