Ini 8 Manfaat Sarapan Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 08 Des 2020 06:00 WIB
8 Manfaat Sarapan Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh Foto: Getty Images/recep-bg
Jakarta -

Sarapan sebaiknya tak dilewatkan karena baik untuk kesehatan tubuh. Berikut 7 manfaat sarapan setiap hari yang bisa kamu rasakan.

Sarapan merupakan makanan pertama yang akan diterima tubuh setelah bangun tidur. Sarapan memiliki fungsi yang cukup penting untuk memberikan energi tubuh saat akan memulai hari.

Namun sayangnya banyak orang sering melewatkan sarapan. Beberapa alasan pun muncul ketika orang melewatkan sarapan. Mulai dari bangun telat hingga belum bisa menerima makanan di pagi hari.

Padahal sarapan punya efek yang cukup penting, bahkan dengan rutin sarapan setiap pagi banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh.

Berikut ini 8 manfaat sarapan setiap hari untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari Lifehack.org (7/12):

1. Mencegah Kenaikan Berat Badan

8 Manfaat Sarapan Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh8 Manfaat Sarapan Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh Foto: Getty Images/recep-bg

Banyak penelitian membuktikan partisipan yang sarapan merasa lebih mudah untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Tel Aviv University menunjukkan bahwa makan keseimbangan asupan karbohidrat sehat, protein tanpa lemak, dan bahkan sedikit makanan penutup dapat menjadi pilihan yang lebih sehat untuk memulai hari.

Dengan sarapan, tubuh akan merasa puas dan terhindar dari rasa lapar serta keinginan ngemil sepanjang hari yang menambahkan lebih banyak kalori. Sarapan juga membantu meningkatkan kebiasaan makan sehat dalam menjaga berat badan yang ideal.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ketika tidur, tubuh tidak menerima asupan makanan dalam waktu lama. Karenanya melewatkan sarapan akan membuat tubuh tetap dalam mode tidur dan menggunakan cadangan energi ekstra. Ini menyebabkan tubuh dan otak bekerja lebih keras dan menciptakan hormon stres serta membuat tubuh merasa lelah dan lesu.

Dengan sarapan, tubuh akan menerima bahan bakar yang dibutuhkan untuk kinerja optimal. Konsumsi campuran karbohidrat sehat, protein, dan lemak yang seimbang membantu proses pengisian bahan bakar dan memberi kekuatan yang dibutuhkan tubuh dan otak untuk fokus dan konsentrasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com