Telur Ayam vs Telur Bebek, Mana yang Lebih Bernutrisi?

Devi Setya - detikFood Selasa, 08 Des 2020 07:00 WIB
Telur Ayam vs Telur Bebek, Mana yang Lebih Bernutrisi? Foto: Getty Images/iStockphoto/Yauheni Kazlou
Jakarta -

Telur ayam saat ini memang mendominasi pasar dan paling banyak dikonsumsi orang. Tapi sebenarnya, telur bebek juga tak kalah istimewa. Apa saja bedanya?

Hampir setiap hari orang terbiasa mengonsumsi telur ayam. Banyak alasan kenapa orang memilih menyantap telur ayam, yakni karena harganya terjangkau, enak dan juga mengandung nutrisi lengkap.

Dibandingkan telur ayam, sebenarnya telur bebek juga mengandung nutrisi yang tak kalah. Namun telur bebek tidak sepopuler telur ayam.

Dilansir dari BoldSky (8/12) berikut beberapa keunggulan telur bebek dibandingkan telur ayam.

1. Ukuran lebih besar

Telur Ayam vs Telur Bebek, Mana yang Lebih Bernutrisi?Telur Ayam vs Telur Bebek, Mana yang Lebih Bernutrisi? Foto: Getty Images/iStockphoto/Yauheni Kazlou


Dilihat dari bentuknya, telur ayam dan telur bebek tidak memiliki perbedaan. Kedua jenis telur unggas ini memiliki bentuk bulat lonjong. Namun telur bebek cenderung memiliki ukuran yang lebih besar.

Telur ayam biasanya memiliki warna putih hingga kecoklatan, sementara telur bebek dominan warna putih dan abu-abu kebiruan. Di pasaran telur bebek juga dbanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan telur ayam.

Soal rasa, telur bebek memiliki rasa lebih gurih dan teksturnya lebih lembut. Telur bebek mengandung ovalbumin yakni protein yang membuat tekstur telur jadi lebih lembut. Telur ayam tidak mengandung ovalbumin sehingga teksturnya cenderung lebih kering.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com