Mencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. Dadang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 06 Des 2020 14:00 WIB
Mencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. Dadang Foto: detikFood
Jakarta -

Ada banyak jajanan enak di Depok, salah satunya pancong khas Sumedang yang bisa dibuat setengah matang. Ini dia tempat makan pancong enak di Depok!

Depok menawarkan banyak jajanan enak bercita rasa manis. Selain sop durian Margando yang terkenal, pancong di tempat ini juga banyak dijagokan dan sayang dilewatkan.

Sebutan terkenalnya adalah Pancong Beji karena tempat dijualnya di kawasan Beji, Depok I. Tapi nama aslinya adalah Pancong Mang Kumis dan H. Dadang.

Warung pancong ini berlokasi di Jalan Komodo. Pelanggannya seolah tak pernah sepi sejak buka pagi hari hingga pukul sepuluh malam.

Mencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. DadangMencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. Dadang Foto: detikFood

Pancong yang dijajakan di sini adalah versi Betawi yang juga populer di Sumedang. Bahan utamanya hanya tepung terigu dan gula pasir.

Adonan pancong kemudian dipanggang di atas cetakan khusus dan diberi ragam topping kekinian, mulai dari Oreo, Nutella, green tea, sampai cappuccino.

Meski begitu, Pancong Mang Kumis dan H. Dadang juga menawarkan varian polos atau original. Harganya mulai dari Rp 2 ribu sampai Rp 18 ribu per porsi.

Kalau ke sini, pastikan mencicipi kue pancong ori 1/2 matang (Rp 5 ribu) yang jadi favorit. Bagian atas adonan pancong masih lumer dengan rasa gurih, manis, dan creamy yang puaskan selera.

Mencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. DadangMencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. Dadang Foto: detikFood

Sementara bagian bawah pancong terasa empuk legit. Paling pas dinikmati dengan secangkir kopi dan teh hangat.

Baca Juga: Enaknya Jajan Pancong Khas Sumedang yang Legendaris

Kalau mau yang kekinian, ada juga pancong green tea (Rp 13 ribu) yang layak dicoba. Berupa pancong matang dengan olesan selai green tea yang royal.

Lalu ada juga pancong Nutella plus keju (Rp 18 ribu) yang merupakan varian termahal di sini. Olesan selai cokelat hazelnut ini ditambahkan dalam jumlah royal ke atas pancong, baru kemudian ditaburi parutan keju cheddar.

Mencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. DadangMencicipi Pancong Enak di Depok Racikan Mang Kumis dan H. Dadang Foto: detikFood

Salah seorang pegawai warung pancong bilang Pancong Mang Kumis dan H. Dadang sudah ada sejak 1981. "Dirintis sama Mang Kumis dan Haji Dadang. Adik kakak dari Sumedang," ujarnya.

Saat ini keduanya tinggal di Sumedang dan usaha warung pancong ini dikelola generasi kedua. "Tiap hari bisa habiskan 40 kg adonan pancong. Bahannya cuma tepung terigu sama gula pasir aja sih," katanya.

Selama pandemi Covid-19, Pancong Mang Kumis dan H. Dadang buka hingga pukul 10 malam saja. Padahal sebelumnya bisa sampai dini hari. Nah, bagi kamu yang sedang ada di Depok, jangan lewatkan cicip pancong enak di sini ya!

Baca Juga: Mantul! Jajan Kue Pancong Betawi dengan Topping Kekinian

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com