Kuliner Unik Bekasi

Enaknya Jajan Pancong Khas Sumedang yang Legendaris

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 20 Jul 2018 17:25 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
FOKUS BERITA Kuliner Unik Bekasi
Jakarta - Di wilayah Bekasi ada tempat makan pancong enak yang hits. Tempatnya memang tak begitu besar. Namun kelezatan pancongnya jadi buruan warga Bekasi. Penasaran?

Berdekatan dengan Jakarta, Bekasi juga punya banyak jajanan kekinian. Salah satunya kue pancong modifikasi milik Pancong Balap, Bekasi ini. Kue pancongnya punya beragam topping.

Enaknya Jajan Pancong Khas Sumedang yang LegendarisFoto: dokdetikFood
Berdasarkan keterangan salah satu stafnya, Pancong Balap sudah berdiri selama lebih dari 20 tahun. Tak heran kedai ini sudah punya beberapa cabang di beberapa wilayah Bekasi.

Kue pancong di sini merupakan kue pancong khas Sumedang. Karenanya bahan yang digunakan untuk membuatnya pun berbeda dari kue pancong Betawi.

Kue pancong Betawi terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Sedangkan kue pancong khas Sumedang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Mirip seperti adonan kue cubit. Hanya saja dimasak dalam cetakan kue pancong.

Enaknya Jajan Pancong Khas Sumedang yang LegendarisFoto: dokdetikFood
Kue pancongnya bisa dipesan setangah matang atau pun matang. Selain pancong original, tersedia beragam pilihan topping pancong. Mulai dari susu, keju, cokelat, stawberry hingga blueberry. Pengunjung juga bisa memadukan 2 hingga 3 topping dalam satu porsi kue pancong.

Satu porsi kue pancong berisi 6 potong kue alias setengah cetakan kue pancong. Umumnya pengunjung lebih memilih pancong setengah matang dengan padua dua paduan topping. Terlebih anak muda.

"Biasanya yang beli pancong setengah matang tuh anak muda. Kalau ibu-ibu atau bapak-bapak sukanya yang matang," jelas salah satu pekerja Pancong Balap.

Enaknya Jajan Pancong Khas Sumedang yang LegendarisFoto: dokdetikFood
Perbedaan pancong matang dan setengah matang hanya terletak di waktu masak. Pancong matang dimasak selama 5-8 menit. Sedangkan pancong matang dimasak selama 8-10 menit.

Penasaran dengan rasa pancongnya, kami mengunjungi kedai Pancong Balap 1 yang letaknya dekat dengan Summarecon Mall Bekasi. Walau ini bukan cabang utamanya, pancong yang disajikan bercitarasa sama.

Enaknya Jajan Pancong Khas Sumedang yang LegendarisFoto: dokdetikFood
Kami mencoba pancong original setengah matang (Rp 4.000), pancong topping keju setengah matang (Rp 6.000), dan pancong matang 3 rasa dengan paduan selai blueberry, strawberry, dan keju (Rp 8.000).

Tekstur pancong setengah matangnya sangat lembut dan lengket. Rasanya sangat mirip dengan kue cubit setengah matang. Sedangkan ukuran pancong matangnya terlihat lebih tinggi dibanding pancong setengah matang. Ini karena adonan pancong tadi dimasak lebih lama hingga mengembang. Rasanya sangat manis dan lembut.

Enaknya Jajan Pancong Khas Sumedang yang LegendarisFoto: dokdetikFood
Selain kue pancong, Pancong Balap juga sediakan mie instan, kopi, dan beragam minuman dingin. Sehingga kedai kue pancong ini terlihat seperti warung kopi.

Selain punya pancong yang lezat, kedai ini jadi tujuan kuliner warga Bekasi karena jam bukanya. Karena Pancong Balap buka 24 jam! Kalau sedang berada di Bekasi, tak ada salahnya mencoba kue pancong khas Sumedang di sini.

Baca juga: Kagak Ade Duenye! Gabus Pucung dan Tumis Jantung Pisang Mandor Juki (dwa/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Unik Bekasi