Chef Ini Minta Maaf Usai Sebut Masakan Asia Jorok dan Kotor

Devi Setya - detikFood Jumat, 04 Des 2020 14:30 WIB
Chef Ini Minta Maaf Usai Sebut Masakan Asia Jorok dan Kotor Foto: instagram @chefphilli
Jakarta -

Seorang chef bernama Philli Armitage-Mattin mendadak dibanjiri kritik setelah menyebut masakan Asia sebagai makanan yang kotor. Ia angkat bicara dan meminta maaf atas kejadian ini.

Philli Armitage-Mattin adalah seorang wanita yang berprofesi sebagai chef, ia juga masuk sebagai salah satu peserta MasterChef : The Professionals di Inggris. Namun belakangan namanya disebut-sebut sebagai orang yang menghina makanan Asia.

Dilansir dari Fox News (4/12) kasus ini berawal dari Philli yang menuliskan kalimat sensitif lewat instagramnya. Ia menulis "Asian Food Dirty" pada keterangan biodata instagram pribadinya @chefphilli.

Chef Ini Minta Maaf Usai Sebut Masakan Asia Jorok dan KotorChef Ini Minta Maaf Usai Sebut Masakan Asia Jorok dan Kotor Foto: instagram @chefphilli

Atas kalimatnya ini, Philli mendapat kecaman dari banyak pihak. Philli dianggap telah melakukan penghinaan terhadap masakan dan budaya Asia.

Instagramnya pun langsung diserang netizen yang tak terima masakan Asia disebut sebagai makanan yang kotor dan jorok. Atas insiden ini, Philli akhirnya meminta maaf dan menjelaskan kalau pilihan kalimatnya ini tidak bertujuan untuk menghina.

"Saya tidak pernah menyebut makanan Asia 'kotor' dengan cara yang merendahkan. Saya tidak pernah menggunakan frasa 'kotor' untuk mencerminkan najis atau tidak higienis," tulis Philli dalam unggahan Instagramnya.

"Maksud saya menyebut makanan 'kotor' adalah merujuk pada makanan jalanan yang memanjakan selera. Tidak pernah terpikir oleh saya untuk menghubungkan kata 'kotor' dan Asia dengan cara yang dituduhkan untuk merendahkan, itu tidak pernah menjadi niat saya. Saya benar-benar minta maaf jika ini menyebabkan kegaduhan," lanjut Philli.

Chef Ini Minta Maaf Usai Sebut Masakan Asia Jorok dan KotorChef Ini Minta Maaf Usai Sebut Masakan Asia Jorok dan Kotor Foto: instagram @chefphilli

Wanita berusia 28 tahun yang tinggal di London ini sehari-hari bekerja di restoran milik Gordon Ramsay. Philli terbiasa mengolah makanan Asia karena ia mengaku sangat menyukai kombinasi bumbu ala Asia.

Namun akibat dari salah pemilihan kata, Philli justru harus berurusan dengan banyak orang. Awal pekan ini, Clarence Kwan, seorang penulis buku "Chinese Protest Recipes" menyoroti bio pada instagram Philli. Ia merasa terusik karena makanan Asia dianggap kotor.

"Tahun ini, China dan beberapa negara di Asia Timur disalahkan atas pandemi. Di sini masyarakat dihukum dengan sebutan dan anggapan 'kotor'. Sebutan seperti ini sama sekali tidak dapat diterima," kata Clarence Kwan.



Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com