7 Tips Memilih Roti Tawar yang Sehat

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 04 Des 2020 08:00 WIB
Tips Memilih Roti Gandum yang Sehat dan Cocok Buat Diet Foto: Getty Images/fcafotodigital

3. Tidak Semua Bahan Benar-Benar Alami

Banyak merek roti tawar menyebut menggunakan bahan yang alami. Nyatanya beberapa merek yang mengaku alami masih menggunakan tepung putih yang diperkaya gula dan aditif dalam produk yang disebut "dengan bahan-bahan alami".

Pilih roti tawar dengan tulisan "organik" pada labelnya. Perhatikan juga bahan dasar dengan tepung gandum utuh dan tidak ada gula. Roti dengan jenis ini baru bisa dikatakan sebagai roti alami dan lebih sehat dibanding dengan yang lainnya.

4. Perbedaan 'Whole Grain' dengan 'Whole Bread'

sliced bread with butter and jelly on wooden cutting board. Simple breakfast plate.7 Tips Memilih Roti Tawar yang Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Kedua roti tawar itu serupa dan cukup membingungkan. Kedua jenis roti ini menggunakan seluruh bulir gandum yang tetap utuh.

Tetapi nyatanya roti gandum utuh juga dapat menggunakan campuran biji-bijian lain seperti beras dan gandum. Sedangkan whole bread dengan gandum utuh adalah jenis roti gandum utuh.

5. Cek Pemakaian Zat Aditif

Roti terbaik adalah roti yang masih segar. Tetapi beberapa merek menambahkan pengawet ke dalam adonan rotinya untuk menjaga kesegaran produk roti mereka agar bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebisa mungkin hindari memilih roti dengan bahan pengawet tambahan. Selalu perhatikan daftar bahan pembuat roti yang tercetak pada kemasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Roti Tawar Goreng Isi Cokelat Stoberi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com