Rekor Dunia! Pizza dengan Topping Keju Terbanyak Pakai 257 Jenis Keju

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 03 Des 2020 13:30 WIB
Rekor Dunia! Pizza dengan Topping Keju Terbanyak Pakai 257 Jenis Keju Foto: FlorianOnAir/YouTube/Guinness World Records
Jakarta -

Rekor pizza dunia kembali dipecahkan. Kali ini ada kreasi pizza topping keju terbanyak dengan jumlah 257 jenis keju!

Jadi makanan favorit di berbagai negara, pizza selalu jadi incaran. Pemecahan rekor dunia seputar pizza pun sudah beberapa kali tercatat di Guinness World Records.

Dikutip dari NY Post (1/12), rekor pizza dunia terbaru dirilis Guinness World Records. Chef Prancis bernama Benoît Bruel membuat pizza topping keju terbanyak. Ia memadukan 257 jenis keju berbeda.

Sehari-hari chef Benoît Bruel bekerja di Deliss Pizza, Lyon. Tadinya ia berencana menggunakan 254 jenis keju, tapi di akhir waktu pemecahan rekor, ia terpikir menambahkan 3 jenis keju lagi untuk menyempurnakan rasanya.

Meski pizza ini menggunakan ratusan jenis keju, nyatanya ukuran pizza tidaklah besar. Chef Benoît Bruel membuatnya dalam diameter 30 cm saja.

Rekor Dunia! Pizza dengan Topping Keju Terbanyak Pakai 257 Jenis KejuRekor Dunia! Pizza dengan Topping Keju Terbanyak Pakai 257 Jenis Keju Foto: FlorianOnAir/YouTube/Guinness World Records

Terlihat dari video yang beredar di media sosial, cara pembuatan pizza dengan topping keju terbanyak ini juga layaknya pizza biasa. Chef Benoît Bruel dengan cekatan menimbang setiap potongan keju yang semuanya berasal dari Prancis.

Butuh waktu sampai dua jam untuk membagi tiap jenis keju dalam proporsi yang tepat. Secara keseluruhan, tumpukan ratusan keju ini memiliki berat sekitar 800 gram saja.

Baca Juga: 5 Rekor Dunia Pizza Terpecahkan, Pizza dengan Keju Terbanyak hingga Terpanjang!

Untuk jenis keju yang dipakai, chef Benoît Bruel tak mempublikasikannya. Ia hanya mengatakan tiap paket keju yang digunakan harganya sekitar USD 4. Dengan kata lain, ia menghabiskan sekitar USD 1.000 (Rp 14 juta) untuk membeli keju.

Sayangnya menu pizza istimewa ini tidak dijual dalam waktu lama di restoran miliknya. Namun beberapa pengunjung beruntung bisa mencicipi pizza dengan harga 50 euro (Rp 858 ribu) per lembarnya.

Rekor Dunia! Pizza dengan Topping Keju Terbanyak Pakai 257 Jenis KejuRekor Dunia! Pizza dengan Topping Keju Terbanyak Pakai 257 Jenis Keju Foto: FlorianOnAir/YouTube/Guinness World Records

Untuk inspirasi pemecahan rekor pizza dengan topping keju terbanyak, chef Benoît Bruel mengaku terinspirasi rekor sebelumnya.

Tahun lalu Guinness World Records mencatat adanya pizza bertopping 154 jenis keju. Sosok pembuatnya adalah chef asal Australia bernama Johnny.

Ia mengaku pembuatan pizza dengan topping 154 jenis keju ini punya kesulitan dan tantangan.

"Kita juga memastikan bahwa setiap keju yang digunakan, rasanya cukup berbeda dari keju yang lain. Tapi perpaduan rasanya tetap enak ketika dimakan, dan bisa menyatu sempurna ketika semua keju sudah disatukan," katanya kala itu.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Dunia, Chef Ini Pakai 154 Jenis Keju Untuk Satu Pizza

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com