Pizza Klasik dan Kekinian

5 Rekor Dunia Pizza Terpecahkan, Pizza dengan Keju Terbanyak hingga Terpanjang!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 27 Mar 2018 13:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Jadi makanan mendunia, pizza pecahkan rekor dalam beberapa hal. Termasuk pemakaian 111 jenis keju untuk topping hingga pizza terpanjang.

Membicarakan pizza tak pernah ada habisnya. Baik dari sisi kreasi, restoran hingga rekor-rekor yang menyertainya. Penggemar pizza wajib tahu rekor terkait pizza apa saja yang sudah terpecahkan.

1. Pizza dengan topping keju terbanyak

5 Rekor Dunia Pizza Terpecahkan, Pizza dengan Keju Terbanyak hingga Terpanjang!Foto: Istimewa

Rekor dunia dengan topping jenis keju terbanyak baru saja tercatat di Guinness World Records. Seorang chef dari Amerika membuat pizza ini di Vadoli Pizzeria, Berlin. Pizza dibuat dengan 111 jenis keju dengan berat total 288,6 gram. Sementara ukuran adonan pizza-nya dibuat dalam ukuran standar.

Menurut Guinness World Records, beberapa jenis keju yang digunakan adalah mozzarella, emmental, leicestershire red, comte, raclette de chevre dan puluhan jenis keju lainnya. Seorang tamu yang mencicipi berkomentar jika rasa setiap bagian pizza berbeda.

Baca Juga: Juara! Pizza Bertopping 111 Jenis Keju Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

2. Pizza layan antar ukuran terbesar

5 Rekor Dunia Pizza Terpecahkan, Pizza dengan Keju Terbanyak hingga Terpanjang!Foto: Istimewa

Kalau biasanya pizza layan antar berukuran kecil, di Michigan, Amerika Serikat, ada pizza berdiameter 182,8 cm yang bisa diantar ke rumah. Pizza ini dibuat Michigan's Mallie's Sports Grill & Bar. Untuk mengantarnya diperlukan mobil boks khusus. Pizza ini mencapai berat 45 kg dengan harga jual sekitar Rp 4 juta.

Pizza dibuat dengan saus tomat seberat 16 kg, dibubuhi 7 kg keju, dan jumlah pepperoni yang tidak terhitung banyaknya. Tak perlu mengeluarkan biaya antar jika lokasi pengantaran ada dalam radius 5 km dari Michigan's Mallie's Sports Grill & Bar.

Baca Juga: Ini Dia Pizza Layan Antar Ukuran Raksasa Terbesar di Dunia

3. Pizza terpanjang

5 Rekor Dunia Pizza Terpecahkan, Pizza dengan Keju Terbanyak hingga Terpanjang!Foto: Istimewa

Rekor pizza terpanjang di dunia masih dipegang buatan tim chef Auto Club Speedway di California. Tahun lalu mereka membuat pizza sepanjang 2.133 meter. Pizza ini berhasil mematahkan rekor Guinness World Record sebelumnya yang menobatkan pizza sepanjang 1.853 meter di Naples, Italia sebagai pizza terpanjang.

Pembuatan pizza dipimpin Fash Asvadi, selaku pendiri PizzaOven.com. Ia dan relawannya menyiapkan oven khusus ang memiliki kecepatan memanggang sekitar 17 kaki per menit dengan panas 371 hingga 538 C. Diperkirakan ada lebih dari 2.267 kg saus dan lebih dari 1.360 keju yang jadi topping pizza ini. Sementara berat pizza mencapai 7.711 kg.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Ini Pizza Italia Terpanjang di Dunia

4. Potongan pizza terbesar

5 Rekor Dunia Pizza Terpecahkan, Pizza dengan Keju Terbanyak hingga Terpanjang!Foto: Istimewa

Pasangan JP Lambaise dan Julia membuat irisan pizza terbesar dengan bantuan Lazy Moon, gerai pizza di Florida, Amerika Serikat. Potongan pizza ini memiliki diameter 76,2 cm dengan taburan peperoni dan irisan keju mozzarella melimpah.

Ukuran pizza yang besar membuat bentuknya tampak seperti selimut. Saat diangkat oleh Julia, ukurannya menjuntai ke pinggangnya. Video pembuatan potongan pizza terbesar ini diunggah di channel Youtube Healthy Junk Food.

Baca Juga: Wouw! Pasangan Ini Ciptakan Potongan Pizza Terbesar di Dunia

5. Boks pizza terbanyak

5 Rekor Dunia Pizza Terpecahkan, Pizza dengan Keju Terbanyak hingga Terpanjang!Foto: Istimewa

Boks pizza terbanyak dimiliki Scott Wiener dari New York. Sejauh ini ia sudah mengoleksi hampir 1.000 kotak pizza dari 55 negara berbeda. Pada Oktober 2013, ia sudah memegang rekor pemegang boks pizza kosong terbanyak dengan 595 boks yang dimilikinya. Favoritnya adalah boks dari Belanda yang bergambar mirip Bart dan Homer Simpson.

Baca Juga: Pria Ini Mengoleksi Ratusan Boks Pizza Unik dari Berbagai Negara

(adr/odi)