Ini Cara Membedakan Gula Merah Asli dan Oplosan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 02 Des 2020 11:30 WIB
Ini Cara Membedakan Gula Merah Asli dan Oplosan Foto: Getty Images/Raats
Jakarta -

Banyak gula merah oplosan yang beredar di pasaran. Agar tidak terkecoh ada beberapa cara untuk membedakan gula merah asli dan yang oplosan.

Tak kalah populer dengan gula tebu. Gula merah kini memiliki harga yang lebih tinggi dari gula biasa. Namun banyak gula merah oplosan yang ditemukan di pasaran.

Biasanya gula-gula ini diproduksi dengan campuran gula putih atau tambahan bahan tertentu untuk menekan biaya produksi.

Tampilan gula merah oplosan dan yang asli hampir mirip dan tidak ada bedanya dengan gula merah asli. Namun tetap ada cara yang bisa membedakan gula merah oplosan dan gula merah asli.

Menurut Chef Ragil Imam Wibowo dan Luther Tarigan selaku petani gula merah, mereka membagikan hal apa saja yang harus diperhatikan. Lewat acara webinar 'Indonesian Palm Sugar' (28/11).

Baca Juga: 3 Jenis Gula Merah, Ada yang Berasal dari Pohon Lontar dan Kelapa

1. Tekstur gula merah

Ini Cara Membedakan Gula Merah Asli dan OplosanIni Cara Membedakan Gula Merah Asli dan Oplosan Foto: Getty Images/Raats

Gula merah yang paling populer ada gula aren. Menurut Luther, gula aren paling banyak di oplos karena permintaan pasar yang tinggi. Dalam membedakan gula aren oplosan, ia menekankan pentingnya memperhatikan tekstur gula.

"Kalau gula aren asli, itu teksturnya mudah patah atau gampang dipatahkan. Sementara untuk gula aren oplosan itu teksturnya lebih keras sulit untuk patah," jelas Luther yang merupakan ketua petani gula merah di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Ia juga mengungkapkan bahwa kini banyak penjual yang mengklaim bahwa gula aren yang mereka jual murni. Padahal yang dijual adalah gula merah oplosan.


2. Berat gula merah

Ini Cara Membedakan Gula Merah Asli dan OplosanIni Cara Membedakan Gula Merah Asli dan Oplosan Foto: Getty Images/Raats

Gula merah memang ukuran dan beratnya cukup beragam. Tapi bagi Luther, berat dari gula merah ini bisa jadi indikasi untuk membedakan gula merah asli dan yang oplosan.

"Selain tekstur gula oplosan yang lebih keras dan tidak mudah patah. Biasanya kalau gula aren asli itu dia bobotnya lebih ringan. Kalau diangkat dengan tangan itu terasa ringannya," lanjut Luther yang aktif budidaya gula merah sejak dulu.

"Sementara kalau gula merah oplosan, saat diangkat terasa lebih berat. Karena itu tadi teksturnya sendiri sudah keras, jadi ketika diangkat lebih terasa berat di tangan," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Legitnya Nasi Tueh Khas Sibolga!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com