Daftar Makanan yang Mengandung Glukosa Tinggi, Rawan bagi Penderita Diabetes!

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 02 Des 2020 05:00 WIB
Ilustrasi Nasi Padang Foto: shutterstock/Ilustrasi Daftar Makanan yang Mengandung Glukosa Tinggi, Rawan bagi Penderita Diabetes!
Jakarta -

Diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kelainan kadar gula dalam tubuh. Untuk mengatasinya, seseorang harus mengurangi makanan yang mengandung glukosa atau gula.

Penyakit ini disebabkan rusaknya sel beta pankreas sehingga para penderitanya harus mengontrol pola makan. Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab diabetes tetapi dugaan kuat karena faktor genetik.

Berikut daftar makanan yang mengandung glukosa

  • Yogurt

Yogurt menjadi makanan yang mengandung glukosa tinggi walaupun rendah lemak. Dalam satu cup kecil atau 245 gram yogurt rendah lemak terdapat 45 gram gula.

Kandungan gula tersebut setara dengan 11 sendok teh gula pasir. Jadi, perhatikan betul ya detikers sebelum mengonsumsi gula berlebih.

  • Minuman Kaleng

Minuman kaleng mengandung gula yang sangat tinggi. Bahkan, dalam satu botol minuman tersebut bisa ada 20,2 gram glukosa atau setara dengan 5 sendok teh.

  • Jagung Manis

Jagung manis sangat nikmat untuk dinikmati dengan berbagai berbagai jenis makanan. Bahkan, bahan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai masakan, seperti bakwan jagung.

Namun ternyata, sumber karbohidrat ini juga mengandung gula yang tinggi. Dalam 100 gramnya terdapat 3,4 gram glukosa atau setara dengan 0,9 sendok teh.

  • Jus Anggur

Jus nggur menjadi buah yang mengandung glukosa tinggi. Dalam 100 gram jus anggur terkandung 6,8 gram atau 1,7 sendok teh glukosa.

  • Saus

Makanan dari gula yang lain adalah saos. Walaupun memiliki rasa asin atau gurih, saus tomat maupun BBQ ternyata mengandung gula yang sangat tinggi.

Dalam per sendok teh saus tomat mengandung 1,7 gram gula. Sedangkan, saus BBQ mengandung 2,8 gram gula per satu sendok teh.

  • Nasi

Apakah nasi mengandung gula? Jawabannya adalah iya untuk nasi putih. Sebab dalam 100 gram nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi dan bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

  • Ubi Jalar

Sayuran yang mengandung kadar gula tinggi terakhir adalah ubi jalar, terutama yang berwarna kuning dan oranye. Dalam 100 gram ubi terkandung 8,4 gram gula.



Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)