Restoran Bangun Tenda Makan Demi Lindungi Pelanggan dari Covid-19

Devi Setya - detikFood Senin, 30 Nov 2020 13:00 WIB
Restoran Bangun Tenda Makan Demi Lindungi Pelanggan dari Covid-19 Foto: fox news
Jakarta -

Banyak cara diterapkan restoran agar bisnisnya tetap berjalan namun juga bisa melindungi pelanggan dari risiko Covid-19. Salah satunya dengan memasang tenda makan.


Tenda makan ini digelar di area outdoor. Cara ini diterapkan karena banyak pemerintah negara yang melarang restoran beroperasi secara normal. Tapi apakah tenda makan ini cukup efektif mencegah paparan virus Covid-19?

Dilansir dari Fox News (28/11) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Covid-19 menemukan fakta kalau orang dewasa lebih rentan terkena Covid-19 setelah makan di restoran. Tes ini menunjukkan hasil orang lebih beresiko positif Covid-19 setelah dua minggu usai makan di restoran.

Restoran Bangun Tenda Makan Demi Lindungi Pelanggan dari Covid-19Restoran Bangun Tenda Makan Demi Lindungi Pelanggan dari Covid-19 Foto: fox news

"Masker tidak bisa dipakai secara efektif saat makan dan minum," kata para peneliti.

Foodies yang tetap ingin makan di restoran disarankan untuk memilih area makan outdoor. Selain itu, upayakan untuk semaksimal mungkin selalu mengenakan masker, menjaga jarak dengan orang lain dan mencuci tangan sebelum serta sesudah mengunjungi restoran.

Restoran dengan area makan outdoor memiliki resiko lebih rendah tertular Covid-19 dibandingkan restoran tertutup. Namun sayangnya tidak semua restoran memiliki area outdoor. Alhasil mereka sengaja membangun tenda makan di luar restoran.

Tenda makan ini diklaim lebih efektif dibandingkan sekat pada meja makan di dalam restoran. Tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya tenda makan harus memiliki sistem sirkulasi udara yang bagus.

Lisa Brosseau, pengekspor alat perlindungan pernafasan dan penyakit menular, mengatakan kepada Journal bahwa sebuah perangkat perlu diaplikasikan untuk mengeluarkan udara dari dalam tenda agar tidak terjadi penumpukan virus yang justru jadi sumber penyebaran. Jadi setelah digunakan untuk makan, tenda harus melalui proses sterilisasi lebih dulu sebelum digunakan pengunjung lain.

Restoran Bangun Tenda Makan Demi Lindungi Pelanggan dari Covid-19Restoran Bangun Tenda Makan Demi Lindungi Pelanggan dari Covid-19 Foto: fox news

Craig Hedberg, seorang profesor di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Minnesota, mengatakan kepada Associated Press bahwa tenda sebenarnya tidak boleh digunakan bersama. Namun dengan proses pembersihan yang baik dan benar, tenda ini dapat dijadikan area makan bersama.

Jadi jangan heran kalau di beberapa negara ada restoran yang menggelar tenda makan di depan restorannya. Tapi tetap cara terbaik untuk melindungi diri adalah dengan makan di rumah.



Simak Video "Main-main ke Resto Bertema Angkasa yang Instagrammable"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com