Keripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri Bacanya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 30 Nov 2020 10:30 WIB
Keripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri Bacanya Foto: tiktok/fajrulfx
Jakarta -

Keripik kentang ternyata punya rumus dan hitungan yang rumit. Video TikTok ini buat netizen pusing sendiri bacanya.

Jadi camilan populer yang digemari banyak orang. Keripik kentang ternyata punya rumus hitungan yang cukup sulit dan rumit. Dibalik bentuknya yang unik, tersimpan banyak hitungan rumus yang membuat kepala pusing.

Baca Juga: Bikin Pusing! Kue Ulang Tahun Ini Berdesain Rumus Matematika dan Fisika

Seperti yang dibagikan pengguna TikTok @fajrulfx. Fajrul awalnya mengunggah video singkat tentang asal-usul dibalik bentuk keripik kentang yang unik.

Keripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri BacanyaKeripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri Bacanya Foto: tiktok/fajrulfx

"Keripik kentang ternyata ada rumusnya," tulis Fajrul sambil menyorot layar laptopnya, yang berisi foto keripik kentang.

"Keripik kentang bentuknya hyperbolic paraboloid. Ini rumusnya," jelas Fajrul, di mana terlihat bahwa bentuk lengkungan dari keripik kentang ini sebenarnya hasil hitungan rumus.

Hyperbolic paraboloid sendiri merupakan bentuk dari gemotri ruang. Ada dua lengkung parabola yang mengarah berlawanan. Bentuknya juga mengikuti persamaan dari hitungan x2/a2 - y2/b2 = cz.

Meski rumit untuk dipahami, tapi hyperbolic paraboloid ini sering dijadikan desain bangunan hingga makanan. Seperti keripik kentang ini contohnya.

Keripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri BacanyaKeripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri Bacanya Foto: tiktok/fajrulfx

Bahkan di video lanjutannya, Fajrul memparodikan gaya anak-anak yang mahir matematika saat makan keripik kentang. Bukannya langsung di makan, ia malah meneliti hitungan dan persamaan dari rumus hyperbolic paraboloid ini.

Menanggapi hal ini tentunya banyak netizen yang pusing sendiri bacanya. Mereka tidak menyangka dibalik bentuk keripik kentang yang bergelombang, ternyata ada persamaan dan rumus yang sulit untuk dipahami.

"Aduh kepala gue udah pusing, makin pusing ngeliat (video) ini," komen @123muff.

"Ngapain di itung sih? Kan jadi ribet padahal mah tinggal makan aja," tulis @dianaa1234cantik

Keripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri BacanyaKeripik Kentang Punya Rumus, Netizen Pusing Sendiri Bacanya Foto: tiktok/fajrulfx

Ada juga netizen yang membagikan kisah serupa. Di mana beberapa orang memotong makanan menggunakan penggaris dan hitungan.

"Jadi inget temen gue jadi guru Matematika. Bawa kue bolu pas ngumpul-ngumpul, mau dipotong-potong pake ukur-ukur dulu sama penggaris biar sama rata katanya," curhat @delfinazahrana07.

"Sekalian ini keripik kentang dijadiin skripsi aja kali ya bang," canda netizen lainnya.

Selain keripik kentang, ada juga cara makan pizza ribet yang pakai rumus. Sama-sama bikin pusing, rumus makan pizza ini dibagikan oleh YouTuber Jerome Polin yang jago matematika.

Baca Juga: Ribet! Begini Cara Makan Pizza Pakai Rumus Matematika



Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com