Ribet! Begini Cara Makan Pizza Pakai Rumus Matematika

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 15:30 WIB
Makan Pizza Pakai Rumus Matematika Foto: YouTube / Nihongo Mantappu
Jakarta -

Hampir tiap orang sudah mengetahui cara makan pizza. Tapi ada cara makan pizza yang tak biasa, pakai rumus matematika. Begini caranya!

Rumus matematika kerap diaplikasikan pada keseharian yang membutuhkan ilmu hitung. Dikaitkan pada makanan biasa rumus matematika dipakai saat membuat kue atau roti atau menghitung ongkos produksi hingga harga makanan. Namun, kali ini rumus matematika ternyata juga diterapkan untuk cara makan pizza.

Biasanya orang-orang makan pizza langsung dengan tangan. Potongan pizza langsung diangkat, dilipat dua atau dilipat ujungnya dan dimasukkan ke mulut. Meskipun keliru masih ada juga orang yang makan pizza pakai pisau dan garpu. Tapi menurut Jerome Polin, cara makan pizza harus pakai rumus matematika.

jerome polinjerome polin Foto: Instagram @jeromepolin

Lewat unggahan di kanal YouTube-nya pria berusia 22 tahun ini memang diketahui jago matematika, bahkan berkat keahliannya tersebut ia mendapatkan beasiswa untuk studi di Jepang.

Baca Juga: Momen Jerome Polin Ajak Orang Jepang Makan Tempe dan Dendeng Balado Pakai Tangan

Dalam konten YouTube-nya yang berjudul 'Cara Makan Pizza Pake Matematika' (13/8) ini, Jerome membagikan caranya. Sebelumnya ia memperkenalkan dahulu rumus matematika apa yang digunakan.

Makan Pizza Pakai Rumus MatematikaMakan Pizza Pakai Rumus Matematika Foto: YouTube / Nihongo Mantappu

Rumus matematika yang digunakan adalah Theorema Egregium yang ditemukan oleh Carl Friedrich Gauss. Rumus ini berhubungan dengan lengkungan, ada lengkungan positif, negatif, dan zero (nol).

Jerome juga menjelaskan perbedaan antara ketiga lengkungan tersebut. Kalau cembung ke bawah namanya lengkungan positif, cembung ke atas berarti lengkungan negatif. Lalu kalau bentuknya lurus berarti lengkungan zero (nol).

Makan Pizza Pakai Rumus MatematikaMakan Pizza Pakai Rumus Matematika Foto: YouTube / Nihongo Mantappu

Sebelum mengaplikasikan pada pizza, Jerome memberikan contoh terlebih dahulu pada selembar kertas.

"Kertas ini aku angkat kayak gini dia jatoh ini karena gaya gravitasi. Kertasnya bentuk lengkungan positif, tapi kalau kalian perhatiin baik-baik di lengkungannya sini guys (sambil menunjuk ke atas kertas) itu dia nol," jelasnya.

"Nah, sekarang pertanyaannya gimana supaya kertas ini nggak jatoh kayak gini. Nah dengan teori Gauss tentang lingkungan ini kita jadi mikir nih gimana ini jadi naik." lanjut Jerome.

Makan Pizza Pakai Rumus MatematikaMakan Pizza Pakai Rumus Matematika Foto: YouTube / Nihongo Mantappu

Caranya dengan menekuk pada bagian tengah kertas sehingga membuat kertas tidak jatuh ke bawah. Ternyata kertas ini mirip dengan pizza yang lengkungannya zero (nol).

Jerome pun langsung menerapkan teori Gauss tersebut saat makan pizza di salah satu restoran Italia yang ada di Jepang. Ia memesan varian pizza keju yang meleleh. Ketika pizza pesanannya datang, Jerome langsung menekuk pada bagian tengah pizza agar mudah makan pizzanya.

Makan Pizza Pakai Rumus MatematikaMakan Pizza Pakai Rumus Matematika Foto: YouTube / Nihongo Mantappu

Selain Jerome, pengguna TikTok juga ada yang menerapkan rumus matematika untuk menuang air dari teko. Pria dengan akun TikTok @syahdan_spd menggunakan rumus Pythagoras.

Tuang Air Pakai Rumus MatematikaTuang Air Pakai Rumus Matematika Foto: TikTok @syahdan_spd

Ia mengukur diameter gelas yang dipakai, lalu setelahnya mengukur jarak antara teko dan gelas. Saat sudah menemukan hasilnya, barulah Syahdan menuangkan airnya ke dalam gelas.

Baca Juga: Ribet! Pria Ini Pakai Rumus Matematika untuk Tuang Air ke Gelas



Simak Video "Yuk Bikin Pizza Kacang Merah yang Enak dan Kaya Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)