Makanan Tinggi Probiotik Untuk Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood Jumat, 27 Nov 2020 06:00 WIB
yoghurt Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan dan minuman lezat yang mengandung probiotik. Tak hanya enak, makanan tinggi probiotik ampuh menurunkan berat badan dan susutkan lemak di perut.

Probiotik disebut juga sebagai bakteri baik. Mikroorganisme ini menyumbang banyak efek positif bagi sistem pencernaan. Probiotik bisa ditemui dalam makanan dan minuman fermentasi.

Jika dikonsumsi secara rutin, maka makanan dan minuman tinggi probiotik ini bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Dilansir dari HealthLine (26/11) probiotik disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan serta mengurangi lemak yang menumpuk di perut.

1. Bakteri baik yang hidup dalam sistem pencernaan

Probiotik merupakan bakteri yang secara alami mampu menghasilkan berbagai nutrisi penting. Makanan dan minuman yang mengandung probiotik membantu memecah serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Kemudian serat ini diubah menjadi asam lemak yang membantu melancarkan sistem pencernaan. Ada dua jenis bakteri baik yang hidup di rongga usus manusia yakni bakteroidetes dan firmicutes. Dua bakteri ini juga berpengaruh pada berat badan tiap orang.

Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa orang dengan berat badan sedang memiliki jumlah keseimbangan bakteri usus yang berbeda dengan mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas. Orang dengan obesitas memiliki lebih banyak bakteri firmicutes dan lebih sedikit bakterioid.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com