Lamaknyo Nasi Kapau

5 Lauk Khas Nasi Kapau yang Nikmat, Gulai Kapau hingga Tambusu

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 13:00 WIB
nasi kapau Foto: (Bayu Haryanto/d'Traveler)
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
Jakarta -

Salah satu pembeda Nasi Kapau dan Nasi Padang ada pada lauk yang ditawarkan. Nasi Kapau punya 5 lauk khas, seperti gulai kapau hingga tambusu.

Banyak orang beranggapan kalau Nasi Kapau dan Nasi Padang tak ada bedanya. Padahal kedua hidangan ini memiliki perbedaan, salah satunya dari segi pilihan lauk.

Lauk yang ditawarkan oleh penjual Nasi Kapau lebih beragam. Gulai yang disajikan juga sangat lengkap. Mulai dari gulai kapau yang terbuat dari nangka muda hingga tambusu yang bahan dasarnya adalah usus sapi.

Selain kedua gulai tersebut, ada juga dendeng balado yang khas. Gulai ikan mas bertelur juga tak ketinggalan menjadi ciri khas sajian Nasi Kapau.

Berikut 5 lauk khas Nasi Kapau yang lezat:

1. Gulai Kapau

5 Lauk Khas Nasi Kapau5 Lauk Khas Nasi Kapau Foto: iStock

Gulai kapau merupakan istilah populer untuk gulai nangka muda yang disajikan pada Nasi Kapau. Tak hanya terbuat dari potongan nangka muda saja, tapi ada juga sayuran lainnya.

Seperti kacang panjang, potongan lobak, dan rebung. Gulai kapau ini dimasak dengan aneka bumbu rempah dan santan kelapa. Biasanya seporsi Nasi Kapau disajikan lengkap dengan gulai kapau ini.

Gulai kapau ini jadi lauk identik Nasi Kapau karena tak disajikan di resto Padang. Sayur yang disajikan pada Nasi Padang biasanya hanya berupa sayur buncis.

Baca Juga: Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang Renyah

2. Gulai Tambusu

5 Lauk Khas Nasi Kapau5 Lauk Khas Nasi Kapau Foto: iStock

Gulai tambusu juga salah satu lauk khas Nasi Kapau. Jenis gulai ini tak akan kamu temukan di rumah makan Nasi Padang. Gulai ini terbuat dari usus sapi atau kerbau yang diberikan isian adonan telur.

Lalu, dimasak dengan bumbu rempah khas gulai Minang menggunakan santan. Selain isian telur, gulai tambusu ini diberikan isian tahu. Namun, gulai tambusu dengan isian tahu ini bisa basi dengan mudah dan menimbulkan rasa asam pada tahu.

Gulai tambusu disajikan dengan bentuk usus yang memanjang. Namun, saat disajikan untuk Nasi Kapau tentu saja sudah dipotong-potong agar lebih mudah disantap.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sensasi Makan Langsung di Restoran Nasi Kapau Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com