Cara Membuat Tempe Bacem Basah yang Legit Enak

Odilia WS - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 11:30 WIB
Tempe Bacem Basah Foto: iStock
Jakarta -

Tempe bacem basah yang legit enak dimakan dengan cabe rawit. Makanan khas Yogyakarta ini gampang dibuat sendiri. Ini resep dan tipsnya.

Tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang kaya protein. Terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Rasanya yang gurih dan kaya protein nabati membuat tempe populer sebagai makanan rakyat.

Makanan tradisional masyarakat Jawa ini sangat banyak ragamnya. Selain dari kedelai kuning tempe juga dibuat dari kacang kedelai hitam, kacang koro atau jenis kacang-kacangan lain. Ada yang dikemas dengan plastik, duan waru, daun jati atau daun pisang.

Olahan tempe sangat banyak. Seperti kering tempe, tempe orek, tempe keripik hingga tempe bacem dan mendol tempe. Kini tempe juga dibuat burger dengan paduan roti bun dan olesan saus.

Tempe bacem merupakan olahan tempe dengan teknil slow cooking atau ungkep. Bumbunya sederhana dengan paduan gula Jawa hingga rasanya legit manis. Tempe bacem enak untuk lauk pecel, urap, soto ayam, hingga gudeg nangka.

Kalau mau membuat tempe bacem basah yang legit, berikut ini tips yang perlu diperhatikan berikut resepnya.

1. Tempe

Ada beragam jenis tempe dijual di pasar. Ada yang berbentuk balok dengan kemasan plastik dan daun pisang. Ada juga yang dibungkus kecil ventuk segi tiga arau segi empat yang dibungkus daun pisang atau duan jati.


Semuanya bisa diolah jadi tempe bacem basah yang legit dan enak. Pilih tempe yang padat dengan biji kedelai yang rapat. Jika ditekan terasa kokoh. Juga pilih tempe yang sudah masak atau fermentasinya penuh. Agar tak mudah terurai biji kedelainya saat dimasak.

Tropical green coconuts opened for the drinking water with straws.Cara membuat tempe bacem basah. Foto: iStock

2. Air kelapa

Selain bumbu halus dari bawang merah dan bawang putih serta ketumbar. Tempe bacem basah dibumbui juga dengan daun salam dan lengkuas. Rempah segar ini bikin tempe jadi enak aromanya.

Salah satu yang terpenting adalah air perebus tempe bacem basah. Selain air putih biasanya dipakai air kelapa biasa. Air kelapa yang sedikit manis dan asam ini memberi rasa legit yang enak. Jika ingin lebih gurih bisa juga dipakai air kaldu ayam atau sapi untuk merebusnya.

3. Digoreng atau tidak?

Setelah tempe direbus bersama bumbu, rempah segar dan air kelapa hingga meresap dan habis airnya tempe sudah matang dan siap dimakan. Jika ingin mendapatkan sensasi gurih, goreng tempe bacem sebentar agar sedikit kering.

Hari-hati saat menggoreng, karena rasanya manis tempe akan mudah gosong. Goreng sebentar saja asal bagian luarnya kering. Atau bakar sebentar tempe bacem di atas api agar sedikit kering dan lebih sehat karena tak menyerap minyak.

4. Menyimpan tempe bacem

Untuk menghemat waktu, tempe bacem bisa sibuat sekaligus banyak. Sajikan secukupnya untuk lauk. Taruh sisanya dalam wadah bertutup dan simpan dalam lemari agar tahan beberapa hari.

Jika akan disimpan lebih lama, taruh tempe bacem dalam wadah bertutup dan simpan dalam freezer. Saat akan disajikan, taruh di kulkas atau suhu ruangan beberapa jam sebelum disajikan.

Tempe Bacem, the traditional Javanese dish of tempeh (soy bean cake) braised in soy sauce. A popular accompaniment for many other Javanese dish, such as with Jadah, the glutinous rice and coconut cake. The dish are placed on a woven bamboo tray lined with banana leaf. Jadah tempe are eaten with fresh green chili pepper.Cara membuat tempe bacem basah. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

5. Resep tempe bacem basah

Untuk membuat tempe bacem basah yang legit dan enak ikuti resep berikut ini.

Total Waktu Penyajian :30Menit
Untuk Penyajian :30Porsi
Judul Resep :Tempe Bacem Basah
Kategori :Lauk
Masakan :Tempe
Durasi Persiapan :30Menit
Durasi Masakan :30Menit
Total Durasi :60Menit

Bahan :
  • 1 balok (300 g) tempe yang bagus
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas
  • 50 g gula Jawa, sisir halus
  • 750 ml air kelapa
  • Bumbu:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 sdt garam

Cara Membuat :
  1. Potong-potong tempe setebal 1 cm agar tak mudah hancur saat direbus. Potong ukuran 4x3 cm.

  2. Bumbu: Tumbuk halus bumbu dengan blender atau ulekan.
  3. Taruh potongan tempe dalam panci.
  4. Tambahkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula Jawa dan air kelapa.
  5. Masak dengan api sedang hingga bumbu meresap. Balik sekali-sekali dan masak hingga airnya habis. Angkat.
  6. Goreng sebentar tempe dengan sedikit minyak, tiriskan lalu angkat.



Simak Video "Menjajal Tempe Mendoan Jumbo, Oleh-oleh Khas Purwokerto"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com