Lihat Stop Kontak di Kereta, Netizen Ini Niat Mau Bawa Rice Cooker

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Nov 2020 14:31 WIB
Hand connecting electrical power plug, Usb charger socket wall plug for charging smartphone or computer connect for providing tourists and travelers at Airport. Foto: Getty Images/iStockphoto/smolaw11
Jakarta -

Melihat stop kontak sebagai salah satu fasilitas penumpang kereta, seorang netizen berniat membawa rice cooker. Tapi sebelumnya, ia meminta izin dulu pada pihak KAI.

Kereta api yang menempuh perjalanan jarak jauh memang dilengkapi stop kontak. Fungsinya untuk memberi fasilitas pada penumpang yang membutuhkan aliran listrik untuk gadget mereka.

Biasanya penumpang akan memakai fasilitas ini untuk mengisi baterai handphone, laptop atau tablet. Tapi ada yang unik dari salah satu calon penumpang kereta api ini. Ia berniat membawa rice cooker.

Lihat Stop Kontak di Kereta, Netizen Ini Niat Mau Bawa Rice CookerLihat Stop Kontak di Kereta, Netizen Ini Niat Mau Bawa Rice Cooker Foto: twitter @partokleo

Pengguna akun twitter @partokleo mengunggah cuitan kocak sekaligus bikin geleng kepala. Ia bertanya pada admin akun resmi PT. KAI soal penggunaan fasilitas stop kontak ini untuk memasak nasi menggunakan rice cooker.

"Siang admin @KAI121 mau tanya dong, ini kan di kereta ada colokan listrik, boleh gak kalau aku bawa rice cooker buat masak nasi? Soalnya perjalanan jauh pengen hemat. Makasih," tanya pemilik akun ini.

Cuitan tanggal 20 November 2020 ini langsung banjir komentar netizen. Terlihat unggahan ini sudah dibagikan lebih dari 4,7 ribu kali.

Uniknya, pertanyaan ini langsung mendapat balasan dari admin twitter PT KAI. "Selamat siang. Mohon maaf tidak bisa, stop kontak tersebut hanya diperuntukan untuk barang elektronik seperti Charge Handphone dan Laptop. Trims." jawab sang admin.

Dari pertanyaan soal rice cooker ini, akhirnya jadi banyak netizen yang menyebutkan berbagai barang elektronik lainnya. Tak sedikit pula yang bahkan menunjukkan foto pengalaman unik saat menggunakan fasilitas stop kontak di kereta ini.

"Kalo buat nyatok rambut boleh ga ya? jadi pas dijemput doi di stasiun rambut nya masih badai gitu," tanya netizen.

"Matarmaja, jkt-malang, bapa ibu depan saya bawa TV sama Speaker," kata netizen sambil menunjukkan foto tv mini lengkap dengan speakernya.

Lihat Stop Kontak di Kereta, Netizen Ini Niat Mau Bawa Rice CookerLihat Stop Kontak di Kereta, Netizen Ini Niat Mau Bawa Rice Cooker Foto: twitter @partokleo

"Gue pernah nyolok charger hp ke situ terus satu gerbong listriknya mati, terus disuruh pindah semuanya ke gerbong lain soalnya kipasnya juga ikut mati. Gatau mungkin pas nyolok pas lagi turun kali listriknya," curhat netizen.

Fasilitas aliran listrik ini memang hanya diperuntukkan mengisi daya gadget. Di dalam kereta bahkan kerap terpasang larangan untuk menggunakan stop kontak untuk keperluan memasak.

Jadi alat seperti rice cooker, panci elektrik atai teko listrik sama sekali tidak diperkenankan untuk digunakan di dalam kereta,



Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Mie Sapi Pedas di Wo Ai Mie"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com