Review Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 Ribuan

Devi Setya - detikFood Selasa, 03 Nov 2020 12:00 WIB
Review Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 Ribuan Foto: youtube Billy Vlog/Bang Mpin
Jakarta -

Penasaran dengan menu makanan di KAI? Youtuber bernama Billy mencicipi langsung nasi goreng hingga nasi rames saat menumpang kereta api.

Sempat heboh baru-baru ini, Muhammad Hallala seorang penumpang kereta apo ekonomi Kahuripan kaget saat beli nasi goreng di restorasi kereta api. Menu yang dibanderol Rp 45 ribu ini berisi nasi goreng, ayam goreng, telur, kerupuk dan minuman teh kemasan.

Billy lewat youtube channelnya Billy Vlog mencoba memesan dan mencoba makanan saat menumpang kereta api Ambarawa Ekspres jurusan Surabaya-Semarang. Ia memesan 3 menu makanan sekaligus.

Review Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 RibuanReview Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 Ribuan Foto: youtube Billy Vlog

Billy tidak langsung datang ke gerbong restorasi, ia membeli makanan saat ada petugas yang berkeliling menawarkan makanan dan minuman. Ada tiga pilihan menu makan berat yang ditawarkan yakni nasi goreng, nasi rames dan nasi ayam krispi.

Terlihat dari kemasannya berlabel Reska artinya makanan dibuat dan dikemas oleh PT Reska Multi Usaha (RMU). PT RMU sendiri merupakan anak perusahaan PT KAI yang bergerak di bidang bisnis Restaurant On Train (ROT), yaitu pengelolaan dan pelayanan makanan dan minuman di setiap perjalanan kereta.


Semua menu makanan yang ditawarkan di kereta Ambarawa Ekspres ini dibanderol Rp 25 ribu. Billy sengaja membeli tiga menu ini untuk mencicip rasanya.

Menu pertama yang dicoba yakni Nasi Goreng Parahyangan. Satu paket makanan ini berisi nasi goreng, telur mata sapi, kerupuk udang dan saus sambal kemasan.

Untuk nasi gorengnya tampak berwarna kecoklatan, Billy menebak nasgor ini dibumbui banyak kecap manis. Begitu dicoba, ternyata Billy kurang suka dengan rasanya karena hambar dan kurang berbumbu. Terlebih nasi gorengnya dibuat polos tanpa isian apapun.

Menu selanjutnya yakni Nasi Rames Nusantara. Isiannya nasi putih, telur balado, tempe orek, mie goreng dan acar mentimun wortel. Setiap lauk dikemas terpisah dalam kantung plastik kecil.

"Lauknya dikit banget ya. Rasanya juga kurang, nggak gurih, nggak pedas. Tapi lumayan buat menemani perjalanan kalau lagi lapar," ujar Billy.

Dan terakhir, Billy mencoba menu nasi ayam krispi yang diberi label Train Chicken. Menu ini terbilang paling simpel karena isinya hanya nasi putih, ayam goreng tepung, saus sambal, mayonnaise dan sambal bawang.

Review Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 RibuanReview Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 Ribuan Foto: youtube Billy Vlog

Meski tekstur ayamnya sudah tidak renyah, tetapi Billy mengatakan menu ini yang paling enak. Rasa ayamnya enak dan dilengkapi sambal bawang yang pedas menggoda.

Setiap paket makanan dikemas menggunakan wadah karton dan dilengkapi alat makan sekali pakai. Tampaknya setiap rute perjalanan punya menu, kemasan dan harga berbeda.

Review Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 RibuanReview Makanan KAI, Nasi Goreng hingga Nasi Rames Serba Rp 25 Ribuan Foto: youtube Bang Mpin

Youtuber lain yakni Bang Mpin juga pernah mereview menu Nasi Rames Nusantara. Meski punya nama sama, tetapi lauk dan harganya berbeda.

Bang Mpin menikmati seporsi nasi dengan lauk telur balado, daging semur dan krecek. Harga paket nasi rames ini Rp 38 ribu dan tersedia di kereta api rute Jogja-Jakarta.

Nah apa kamu juga punya pengalaman makan di kereta dengan menu yang berbeda?



Simak Video "Bikin Laper: Ikan Bawal Sambal Dabu-dabu dalam Lumpang Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com