Kalau Naik Sinkansen 5 Ekiben Enak Ini Selalu Jadi Favorit

Riska Fitria - detikFood Jumat, 16 Okt 2020 10:30 WIB
5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang Foto: Flickr Norio Nomura
Jakarta -

Pengguna kereta cepat Shinkansen Jepang tak perlu takut kelaparan. Karena di setiap stasiunnya ada banyak ekiben yang lezat.

Kereta cepat shinkansen terkenal dengan kecepatan dan kecanggihannya. Melintasi jalur Tokyo ke Osaka dalam beberapa jam. Kini shinkasen sedang sepi pengunjung. Tentunya berimbas pada penjual makanan bekal, termasuk ekiben di stasiun.

Ekiben adalah bekal makan siang dijual di stasiun kereta Jepang berupa bento. Nama Ekiben sendiri diambil dari dua kata, yaitu 'eki' yang artinya stasiun dan 'ben' atau bento atau kotak makan.

Nah, ekiben banyak ditawarkan di stasiun Shinkasen atau kereta cepat di Jepang. Bagi orang yang tak punya cukup waktu untuk sekadar makan siang, bisa mampir ke gerai ekiben di sana.

Untuk menu yang ditawarkan juga beragam. Sejak dulu hingga sekarang, ekiben selalu menjadi favorit orang-orang Jepang yang bepergian dengan shikansen. Karena jarak jauh maka ekiben yang dijual juga lengkap dan enak.

Jika tak sempat beli ekiben di atas kereta shinkansen juga ada berbagai makanan praktis juga bento dan minuman. Tetapi jumlah dan jenisnya terbatas.

Nah, berikut ini adalah 5 ekiben legendaris yang paling disukai sebagai bekal naik shinkansen.

1. Ikameshi

5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang Foto: Flickr hirotomo t

Ikameshi merupakan salah satu ekiben yang menjadi favorit kebanyakan orang di Jepang. Kata Ikamesi diambil dari bahasa Jepang yang artinya cumi.

Ya, menu yang ditawarkan berupa cumi yang merupakan makanan khas Hokkaido, salah satu pulau di Jepang. Biasanya satu boks ikameshi disajikan dua cumi-cumi berisi nasi.

Cumi-cumi tersebut kemudian dipotong kecil-kecil, sehingga terlihat nasinya. Rata-rata harga yang ditawarkan untuk satu boks ikameshi sekitar Rp 110.000.

Baca Juga : 4 Fakta Unik Shinkansen yang Kini Sepi Penumpang Akibat Corona

2. Toge No Kamameshi

5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang Foto: Flickr Daisuke tashiro

Berbeda dengan ekiben yang satu ini. Dikenal dengan sebutan Toge No Kamameshi, ekiben ini diisi dengan berbagai jenis sayuran dan daging.

Selain itu juga disajikan jamur shiitake, telur rebus, ayam, kacang hijau, burdock, hingga aprikot. Toge No Kamameshi juga dilengkapi dengan nasi.

Nasinya juga spesial. Bukan nasi putih biasa, melainkan nasi yang telah dimasak dengan berbagai bumbu khas Jepang dan diliwet.

3. Masu No Sushi

5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang Foto: Flickr hirotomo t

Ekiben yang satu ini berupa sushi. Terbuat dari nasi yang dicetak bulat, sehingga bentuknya lebih padat dari sushi. Kemudian diberi topping berupa sashimi dari ikan trout.

Sashimi ikan trout itu diberi bumbu cuka. Ikan trout merupakan jenis ikan tawar yang populer di Jepang. Ekiben ini kemudian dikemas dengan daun bambu.

Dan ekiben ini merupakan makanan yang populer di Toyama, salah satu kota di Jepang. Masu No Sushi juga sering jadi pilihan makan yang praktis.

4. Daruma Bento

5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang Foto: Instagram nobue_t

Yang tak kalah unik ada ekiben Daruma Bento. Ekiben ini terbuat dari tanaman liar Jepang yang bisa dikonsumsi.

Selain itu disajikan dengan daging ayam dan konnyaku. Daruma Bento juga disantap dengan nasi yang diracik dengan bumbu khas Jepang.

Racikan nasinya sama seperti yang ada di ekiben Toge No Kamameshi. Kata 'daruma' diambil dari bentuk wadah yang dipakai.

Wadah ekiben yang satu ini memang didesain bergambar boneka Jepang berwarna merah. Bentuknya hampir bulat tanpa tangan dan kaki.

Biasanya setelah menyantap ekiben ini, orang Jepang dapat menyimpan wadahnya untuk dimanfaatkan jadi wadah lainnya.

5. Hippari Dakomeshi

5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang5 Ekiben yang Paling Jadi Favorit di Jepang Foto: Flickr muzina_shanghai

Terakhir ada Hippari Dakomeshi yang dikemas dalam pot. Makanan ini berasal dari Hyugo. Hyugo sendiri memang terkenal dengan guritanya.

Jadi, ekiben ini disajikan dengan gurita yang dipotong-potong dan berbagai jenis sayuran. Dalam wadah Hippari Dakomeshi juga disajikan nasi.

Ekiben ini sangat populer bagi wisatawan di Jepang. Rasanya yang gurih dan cocok di lidah banyak orang.

Baca Juga : Ekiben, Racikan Bento Unik yang Ada di Tiap Stasiun Kereta Jepang



Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)