Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips Membersihkannya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 23 Nov 2020 15:30 WIB
Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips Membersihkannya Foto: iStock

2. Cara Menyimpan Sayuran untuk Waktu yang Lama

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips MembersihkannyaCara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips Membersihkannya Foto: iStock

Menyimpan sayuran untuk waktu yang lama memerlukan strategi yang tepat agar sayuran tetap segar dan layak konsumsi. Salah satunya dengan menjaga kondisi sayuran tidak lembab dan tetap kering.

Sayuran yang akan disimpan dalam jangka waktu lama sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu. Pencucian ini akan membuat sayuran memiliki kadar air tambahan dan membuat sayuran cepat busuk.

Untuk menyimpan sayuran agar awet dan tahan lama, pertama-tama siapkan wadah transparan sehingga kondisi sayuran bisa dicek secara berkala tanpa harus membuka tutup wadah. Atau gunakan plastik kedap udara.

Kemudian, pada bagian dasar wadah taruh tisu handuk. Jenis tisu ini berguna untuk menyerap cairan yang nantinya akan keluar dari sayuran. Daya serap tisu handuk lebih bagus dari tisu biasa sehingga sayuran akan bertahan lebih lama.

3. Cara Menyimpan Sayuran untuk Waktu yang Singkat

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips MembersihkannyaCara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips Membersihkannya Foto: iStock

Pada sayuran yang akan disimpan tidak lebih dari 48 jam juga harus dipisahkan kembali. Pilih sayuran mana yang akan langsung digunakan dan yang bisa disimpan terlebih dahulu.

Prioritaskan sayuran yang lebih mudah lebih layu untuk dipakai terlebih dahulu. Misalnya pada selada. Setelah selada dicuci, pilih daun selada yang mulai berlendir untuk digunakan terlebih dahulu dan yang lebih kering untuk kemudian disimpan.

Pada saat mencuci sayuran, jangan arahkan sayuran langsung pada bawah keran air. Cara seperti itu akan merusak sayuran akibat dorongan air yang keluar terlalu keras.

Untuk mengakalinya, cuci sayuran dengan cara merendam pada wadah berisi air dan biarkan kotorannya turun ke bagian dasar. Setelah dirasa bersih, angkat sayuran secara perlahan dan jangan dibilas dengan air yang ada di wadah tadi.

Pada sayuran berdaun, simpan sayuran setelah daunnya dipisahkan satu persatu. Kemudian simpan pada wadah yang memiliki ruang atau bagian atas agar sayuran tidak rusak karena bertumpuk dengan bahan makanan lain.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com