Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips Membersihkannya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 23 Nov 2020 15:30 WIB
Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips Membersihkannya Foto: iStock
Jakarta -

Cara menyimpan sayuran perlu diketahui. Menyimpan sayuran, baik untuk waktu singkat maupun waktu yang lama, memiliki cara masing-masing.

Dalam menyimpan bahan makanan diperlukan trik-trik supaya bahan makanan itu dapat bertahan dalam waktu lama dan terjaga kualitasnya. Jangan sampai bahan makanan yang disimpan untuk stok beberapa waktu ke depan justru rusak sebelum digunakan.

Salah satu yang paling penting diperhatikan adalah sayuran. Bahan makanan ini cukup riskan jika disimpan dalam waktu lama tanpa penanganan yang tepat. Mulai dari cara membersihkan hingga teknik penyimpanan akan sangat berpengaruh besar pada daya simpan sayur.

Sasha Marx, melalui Serious Eats (9/7), membagikan cara menyimpan sayuran supaya dapat bertahan cukup lama. Berikut informasinya:

1. Memilah Sayuran yang Akan Segera Diolah

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips MembersihkannyaCara Menyimpan Sayuran Agar Awet, Berikut Tips Membersihkannya Foto: iStock

Sesaat setelah sayuran dikeluarkan dari tas belanja, lakukan pemisahan berdasarkan kapan sayuran tersebut akan diolah. Pemisahan ini digunakan untuk kategori sayuran yang akan digunakan dalam kurun waktu 48 jam dan lebih dari 48 jam (dua hari).

Baca Juga: Agar Awet Segar Simpan Sayuran dan Buah dengan Cara Ini

Sayuran yang akan digunakan kurang atau dalam kurun waktu 48 jam bisa segera ditangani. Sayuran ini bisa langsung dicuci bersih dengan air untuk menghilangkan kotorannya. Setelah bersih, bisa langsung disimpan pada wadah tertutup atau plastik kedap udara.

Sedangkan, untuk sayuran yang akan disimpan dalam jangka waktu lama atau lebih dari 48 jam, jangan dicuci terlebih dahulu. Mencuci sayuran dengan air akan menambah cairan pada sayuran yang akan membuat sayuran cepat layu dan tidak segar.

Sayuran yang akan disimpan lebih lama, jika dicuci, akan meningkatkan risiko terpapar bakteri dari proses pencucian. Bakteri tersebut bisa berkembang dan membuat sayuran cepat layu atau busuk.

Baca Juga : Agar Awet Segar Simpan Sayuran dan Buah dengan Cara Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Enak dan Edukasi Manasik Haji di Kafe Al Baik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com