10 Kesalahan Memasak Pasta yang Bikin Rasanya Kurang Maksimal

ADVERTISEMENT

10 Kesalahan Memasak Pasta yang Bikin Rasanya Kurang Maksimal

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 23 Nov 2020 13:30 WIB
Penne, pasta Italia
Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menghasilkan pasta yang enak dibutuhkan trik dan cara memasak yang tepat. Kesalahan memasak pasta ini masih sering dilakukan.

Pasta merupakan makanan dari daratan Eropa yang cukup terkenal. Jenisnya beragam dan banyak dikreasikan dengan berbagai bumbu dan saus khas.

Dalam memasak pasta, ada beberapa langkah untuk menghasilkan pasta yang sempurna. Hal ini mencakup kematangan pasta yang pas atau dikenal dengan istilah al dente.

Untuk menghasilkan pasta yang sempurna juga perlu menghindari beberapa kesalahan memasak pasta ini. Daniel Gritzer, melalui seriouseats.com (1/4), membagikan hal-hal apa saja yang harus dihindari saat memasak pasta.

Berikut ini 10 kesalahan memasak pasta yang sebaiknya tidak lagi dilakukan:

1. Menambahkan Minyak Pada Air Rebusan

Sebagian orang mempercayai menambahkan minyak pada air rebusan pasta bisa membuat pasta tidak lengket. Namun ternyata anggapan ini salah.

Menambahkan minyak pada air rebusan pasta tidak akan memberikan efek apapun pada pasta. Justru hal tersebut akan membuat minyak menjadi terbuang percuma dibandingkan dengan menggunakan minyak tersebut untuk memasak saus pasta.

2. Mematahkan Pasta

Tips merebus spaghetti Kesalahan Memasak Pasta Foto: iStock

Pasta terdiri dari berbagai jenis dan bentuk. Salah satunya spaghetti yang berukuran panjang. Saat memasaknya, banyak orang mematahkan pasta, padahal ini tidak tepat.

Mematahkan pasta akan merusak hasil akhir pasta nantinya. Jika ingin mengolah pasta yang sesuai dengan ukuran wajan , pilih pasta yang ukurannya memang lebih pendek.

Baca Juga: 5 Resep Pasta Gaya Resto yang Praktis dan Enak

3. Menyaring dan Membilas Pasta

Pasta yang sudah direbus adalah pasta yang bersih dan siap dicampurkan dengan saus. Pasta ini sudah matang sehingga tidak perlu lagi untuk dibersihkan.

Sayangnya banyak orang masih terbiasa menyaring dan membilas pasta. Faktanya hal ini bisa menghilangkan kandungan tepung pada air rebusan pasta yang masih menempel. Kandungan tepung ini bermanfaat untuk mengentalkan saus pasta nantinya.

4. Tidak Menyampurkan Pasta dan Saus dengan Benar

Kesalahan memasak pasta selanjutnya adalah hanya menambahkan saus di bagian atas pasta. Hal ini berakibat pada cita rasa pasta yang tidak maksimal.

Saus dan pasta seharusnya dimasak dan dicampurkan hingga benar-benar menyatu. Pasta yang sempurna adalah pasta yang pada tiap lapisannya berlumur saus dengan baik.

5. Memilih Pasta yang Segar Dibanding yang Kering

Pasta campur cokelat Kesalahan Memasak Pasta Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak

Pasta segar belum tentu lebih bagus dibanding pasta kemasan atau pasta kering. Pemahaman pasta segar lebih baik dari pasta kering adalah suatu kesalahan yang harus diubah.

Keduanya merupakan pasta yang berbeda, baik dari cara pengolahan hingga pemilihan saus untuk campurannya. Bahkan beberapa pakar pasta mengatakan pasta segar memiliki kualitas yang lebih buruk dibandingkan pasta yang sudah dikeringkan.

6. Terlalu Matang

Kesalahan memasak pasta selanjutnya adalah merebus pasta sampai terlalu matang. Tekstur pasta yang cenderung lembek dan berair akan menjadi masalah ketika digabungkan dengan saus.

Tekstur saus pasta yang cenderung kental ketika dicampurkan dengan pasta yang terlalu matang akan menjadi kurang enak. Pasta seharusnya dimasak tidak lebih dari 10 menit untuk mendapatkan kematangan yang pas.

7. Kurang Matang

Berbeda dengan mie lainnya, pasta memiliki tekstur yang cenderung lebih keras. Pasta yang kurang matang akan menyulitkan saat dimakan. Butuh tenaga lebih untuk mengunyahnya dan susah ditelan.

Pasta yang baik adalah pasta dengan tekstur yang cukup matang dan tidak terlalu lembek. Untuk mendapatkan kematangan itu sebaiknya tidak memasak pasta kurang dari 8 menit.

8. Menggunakan keju parut kemasan

Prank keju parut campur kulit kering kaki Kesalahan Memasak Pasta Foto: Istimewa

Pre-grated cheese merupakan keju parut yang sudah dalam bentuk kemasan. Keju seperti ini memiliki rasa yang cenderung hambar, sudah terlalu lama terolah, serta terlalu berpasir karena adanya bahan lain yang ditambahkan.

Untuk mendapatkan rasa keju enak, lebih baik gunakan keju parmesan atau keju utuh yang diparut sendiri. Dengan begitu rasa keju akan lebih maksimal.

9. Menambahkan Saus Terlalu Banyak

Pasta yang enak memang pasta yang seluruh bagiannya terlapisi saus. Tetapi terlalu banyak saus juga akan merusak tekstur pasta dan membuatnya menjadi kurang menarik untuk disantap.

Saus cukup melapisi pasta dan tidak membuat pasta seakan-akan memiliki kuah. Saus untuk pasta tidak perlu berlebihan agar saat dinikmati tekstur pasta masih dalam kondisi baik dan tidak hanya saus yang bisa dirasakan pada saat dikunyah.

10. Tidak Mengaduk Pasta Saat Direbus

Kesalahan memasak pasta terakhir ialah tidak mengaduk pasta saat direbus. Padahal cara ini lebih efektif untuk menghindari pasta menjadi lengket.

Setidaknya aduk sesekali untuk membuat pasta tidak lengket dan matang dengan merata.

Baca Juga: Ini Cara Masak Pasta Enak Seperti yang Dilakukan Para Chef



Simak Video "Bikin Laper: Spaghetti Seafood yang Kaya Rasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT