9 Efek Minum Kopi Terlalu Banyak, Sakit Kepala hingga Insomnia

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Nov 2020 05:00 WIB
Efek Minum Kopi Terlalu Banyak Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

6. Tekanan Darah Tinggi

Kopi memang tidak terbukti menyebabkan risiko sakit jantung atau stroke. Tetapi sebuah penelitian membuktikan kopi yang diminum berlebihan justru bisa menyebabkan darah tinggi.

Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung dan stroke karena perlahan dapat merusak arteri sehingga membatasi aliran darah ke jantung dan otak. Efek ini akan semakin kuat ketika dikonsumsi oleh orang yang tidak biasa minum kopi.

7. Peningkatan Denyut Jantung


Banyak orang merasakan jantungnya berdegup lebih kencang usai mengonsumsi kopi. Hal ini juga menyebabkan irama detak jantung yang tidak beraturan. Efek seperti ini dikenal dengan sebutan fibrilasi atrium.

Dalam satu studi kasus, seorang wanita yang mengonsumsi bubuk dan tablet kafein dalam dosis besar sebagai upaya bunuh diri, meningkatkan detak jantung yang sangat cepat, gagal ginjal, dan masalah kesehatan serius lainnya. Namun efek ini tidak terjadi pada semua orang.

8. Merasa lelah

Efek Minum Kopi Terlalu BanyakEfek Minum Kopi Terlalu Banyak Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

Minuman berkafein, termasuk kopi, diketahui membantu memberi lonjakan energi. Namun terlalu banyak minum kopi justru membuat tubuh merasa lelah.

Setidaknya ada 41 penelitian mengungkap bahwa meskipun minuman berkafein meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati tapi di keesokan harinya justru membuat tubuh merasa lelah. Kamu bisa saja terus memberi energi lewat kopi tetapi efeknya akan berpengaruh pada gangguan tidur dan sistem pencernaan.

9. Sering buang air kecil

Efek minum kopi terlalu banyak akan meningkatkan intensitas buang air kecil. Kamu yang mengonsumsi kopi pasti merasakan efek ini, hal ini juga berlaku saat konsumsi teh dan minuman berenergi yang mengandung kafein.


Sebagian besar penelitian membuktikan efek ini semakin terasa pada orang usia lanjut dan orang yang memiliki gangguan pada saluran kemih. Gangguan ini dikenal dengan sebutan inkontinensia.

Orang yang mengonsumsi lebih dari 450 mg kafein setiap hari memiliki risiko inkontinensia yang meningkat secara signifikan, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari 150 mg kafeinq per hari. Demi kesehatan, cobalah kurangi asupan kopi harian.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com