9 Efek Minum Kopi Terlalu Banyak, Sakit Kepala hingga Insomnia

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Nov 2020 05:00 WIB
Efek Minum Kopi Terlalu Banyak Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

3. Masalah Pencernaan


Banyak orang membuktikan secangkir kopi pagi membantu melancarkan buang air besar. Efek pencahar pada kopi dikaitkan dengan pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi perut yang mempercepat aktivitas di usus besar.

Namun, kafein juga merangsang peningkatan buang air besar saat dikonsumsi berlebihan. Hal inilah yang membuat beberapa orang mengalami diare usai minum kopi.

Selama bertahun-tahun juga kopi diyakini sebagai penyebab sakit maag, penelitian besar terhadap lebih dari 8.000 orang tidak menemukan hubungan apa pun antara kopi dan gangguan lambung. Jika tubuh memberi respon negatif, kurangi asupan kopi atau mulai beralih untuk konsumsi teh.

4. Kerusakan Otot

Efek Minum Kopi Terlalu BanyakEfek Minum Kopi Terlalu Banyak Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt


Efek minum kopi terlalu banyak juga menyangkut masalah otot. Rhabdomyolysis adalah kondisi yang sangat serius di mana serat otot yang rusak memasuki aliran darah, yang menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya. Salah satu penyebab rhabdomyolysis adalah asupan kafein yang berlebihan.

Dalam satu kasus, seorang wanita mengalami mual, muntah dan urine berwarna gelap setelah meminum 32 ons (1 liter) kopi yang mengandung sekitar 565 mg kafein. Untungnya, dia sembuh setelah mendapat perawatan medis.

5. Kecanduan

Efek minum kopi juga menyebabkan kecanduan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kopi mempengaruhi psikologis seseorang saat dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang.

Orang yang terbiasa minum kopi akan terus mengidam kopi sampai ia menghirup aromanya dan mencecap rasanya. Ketika orang terbiasa minum kopi maka tubuhnya akan memberi sinyal 'membutuhkan kopi' setelah tidak minum kopi selama 16 jam.

Jika dalam jangka waktu ini tidak mengonsumsi kopi juga maka mereka akan mengalami sakit kepala dan perasaan tidak nyaman. Solusinya adalah menyeruput kopi, namun pastikan porsinya tidak berlebihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com