9 Efek Minum Kopi Terlalu Banyak, Sakit Kepala hingga Insomnia

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Nov 2020 05:00 WIB
Efek Minum Kopi Terlalu Banyak Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt
Jakarta -

Kopi memang punya segudang manfaat tapi kalau dikonsumsi berlebihan juga bisa memberi efek samping. Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan sakit kepala hingga insomnia.

Banyak penelitian mengungkap manfaat kopi tetapi harus dikonsumsi dengan porsi sesuai. Ketika kopi dikonsumsi dalam jumlah sangat banyak, maka bukan manfaat yang didapat tetapi justru malah sederet gangguan kesehatan.

Masing-masing orang memiliki batas toleransi yang berbeda terhadap asupan kafein. Ada yang bisa mengonsumsi dalam takaran agak banyak, namun ada juga yang langsung terasa efeknya meskipun baru minum sedikit kopi.

Ketika kopi diminum dalam porsi tepat maka bisa meningkatkan semangat, menambah daya fokus dan membuat tubuh terasa lebih segar. Lain halnya saat kopi diminum berlebihan maka tubuh akan memberikan respon sakit kepala, insomnia hingga gangguan pencernaan.

Dilansir dari Healthline (22/11) berikut 9 efek minum kopi terlalu banyak:

1. Cemas dan gelisah


Kafein dikenal dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Kafein dalam kopi bekerja dengan cara memblokir adenosine yakni zat penyebab rasa lelah yang terdapat dalam otak.

Tapi jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, kafein menyebabkan kecemasan, gugup dan gelisah. Efek ini semakin terasa jika meneguk lebih dari 1.000 mg kopi per hari.

Selain itu, dosis ini juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan berpengaruh pada tingkat stres. Jadi jika kamu merasa gelisah dan stres usai minum kopi, coba kurangi porsinya.


2. Insomnia

Efek Minum Kopi Terlalu BanyakEfek Minum Kopi Terlalu Banyak Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt

Banyak orang sengaja minum kopi untuk mengusir rasa kantuk, tapi jika terlalu banyak minum kopi maka akan berdampak insomnia. Efek insomnia ini akan sangat dirasakan oleh orang usia lanjut.

Banyak faktor yang mempengaruhi efek ini, termasuk kondisi kesehatan serta jenis kopi yang dikonsumsi. Gangguan tidur ini juga berlaku untuk kopi yang dikonsumsi siang hari karena tubuh mencerna kafein dalam hitungan jam, bukan langsung bisa dirasakan.

Satu studi menyelidiki bagaimana waktu konsumsi kafein memengaruhi tidur. Peneliti memberi 12 orang dewasa yang sehat 400 mg kafein baik enam jam sebelum tidur, tiga jam sebelum tidur atau segera sebelum waktu tidur. Semua panelis mengalami hal yang sama terkait gangguan tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]