Hii Jorok! Penjual Mie Ayam Ini 'Cuci' Alat Makan di Kuah Kaldu

Devi Setya - detikFood Minggu, 22 Nov 2020 16:32 WIB
Penjual Mie Ayam Ini Cuci Alat Makan di Kuah Kaldu Foto: instagram @awreceh.id
Jakarta -

Mie ayam gerobakan memang gurih menggoda, tapi apa tetap masih mau makan mie ayam yang satu ini? Penjualnya mencuci alat makan di dalam kuah kaldu.

Sebuah video yang beredar di Instagram ini cukup menarik perhatian netizen. Terekam seorang penjual mie ayam mencelupkan sumpit dan sendok ke dalam kuah kaldu sebelum menyajikannya untuk pelanggan.


Video berdurasi 1 menit ini diunggah lewat akun instagram @awreceh.id namun tidak menjelaskan lokasi pengambilan video. Sekilas tak ada yang aneh, penjual mie ayam ini meracik mie ayam pesanan pembeli.

Penjual Mie Ayam Ini 'Cuci' Alat Makan di Kuah KalduPenjual Mie Ayam Ini 'Cuci' Alat Makan di Kuah Kaldu Foto: instagram @awreceh.id

Ia merebus mie dan berbagai pelengkapnya. Tak ketinggalan, saus dan sambal juga ikut disajikan di mangkuk mie ayam ini. Demikian pula alat makan berupa sendok dan sumpit.

Tapi anehnya, sang penjual mencelupkan sumpit serta sendok ke dalam kuah kaldu yang panas sebelum ditaruh di atas mangkuk. Sambil dicelupkan, ia juga menggerakkan alat makan ini seperti sedang 'mencuci' agar lebih bersih.

Video ini langsung menyita perhatian netizen. Ada lebih dari 7.000 komentar yang menanggapi unggahan soal penjual mie ayam jorok ini.

"Peralatan makannya 'dicucinya' di kuah?" tanya netizen.

"Cara nyucinya udah bener kok, kan kalau panas bakterinya mati. Tapi ya nggak di panci kuah juga dong bang," sahut netizen.

"Aku mikirnya, itu sumpit sama sendok dicelupin dulu ke kuah buat penglaris," beber netizen.

Penjual Mie Ayam Ini 'Cuci' Alat Makan di Kuah KalduPenjual Mie Ayam Ini 'Cuci' Alat Makan di Kuah Kaldu Foto: instagram @awreceh.id

Sumpit dan sendok ini sebenarnya sudah dalam keadaan bersih karena diletakkan di tempat alat makan. Mungkin tujuan dari mencelup sendok dan sumpit dalam kuah panas agar pelanggan menggunakan alat makan yang hangat.

Apapun alasannya, cara ini sebenarnya tidak pantas dilakukan. Kuman dan bakteri yang terkena air panas memang bisa mati tetapi kuah kaldu ini kan untuk dikonsumsi pelanggan. Bisa-bisa, semakin banyak alat makan yang 'dicuci' dalam kuah kaldu mie ayam justru membuat kuahnya bikin sakit perut.



Simak Video "Uniknya Mie Ayam di Borobudur, Mangkuknya Pakai Bakso"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)