Jorok! Tukang Siomay Ini Gunakan Air Hujan untuk Mengisi Kukusan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 17:30 WIB
penjual makanan jorok (siomay dan gorengan) Foto: Twitter
Jakarta -

Kisah penjual makanan jorok kembali terjadi, kali ini tukang siomay gerobakan. Ia diam-diam mengisi kukusannya dengan air hujan. Iyuhh!

Penjual makanan jorok kembali tertangkap kamera netizen. Adalah akun Twitter @Lady_StayClassy yang membagikan video berdurasi 28 detik tentang tukang siomay gerobakan.

Unggahan wanita tersebut berhasil menarik perhatian netizen hingga videonya telah ditonton lebih dari 1 juta kali. Unggahan pada 17 Maret lalu itu juga mendapatkan likes sebanyak 34,1 ribu pengguna, di-retweet sebanyak 19,9 ribu pengguna, serta dibanjir komentar sebanyak lebih dari 3.000.

Wanita tersebut menambahkan keterangan, "Wahhh..enak nih kliatannya.. Makanan apa ini? Bakso??.. Harusnya warga +62 kebal terhadap Corona. Secara udah terlatih dari kecil untuk masukin segala macam "virus" ke perut. Selamat makan siang semuanya."

Jorok! Tukang Siomay Ini Gunakan Air Hujan untuk Mengisi KukusanFoto: Twitter @Lady_StayClassy



Baca Juga: Jorok! 5 Dapur Restoran Ini Bikin Mual dan Tak Nafsu Makan

Dalam video terlihat seorang pedagang siomay gerobakan menggunakan kaos putih sedang menadahkan air hujan ke dalam botol minum. Sebelum memasukkan ke dalam panci kukusan siomay, penjual melihat ke sekelilingnya lebih dahulu.

Lalu tanpa ragu ia memasukkan air hujan yang tadi sudah ia tadahkan dari atap gerobaknya ke dalam panci kukusan berisi siomay. Wanita yang mengunggah video tersebut pun menuliskan keterangan lagi dengan mengkhawatirkan atap gerobak tersebut.

Jorok! Tukang Siomay Ini Gunakan Air Hujan untuk Mengisi KukusanFoto: Twitter @Lady_StayClassy


Bukan tidak mungkin di hari-hari sebelumnya gerobak siomay tersebut terdapat kencing tikus atau sumber penyakit lain. Tentu perbuatan penjual siomay ini tidak patut ditiru karena sangat jorok dan dapat memicu penyakit untuk mereka yang membeli siomay.

Melihat komentar netizen pada unggahan @Lady_StayClassy sangat beragam. Banyak dari mereka yang menyayangkan sikap penjual siomay jorok tersebut. Ada juga yang mengatakan kalau air hujau sebenarnya bisa digunakan. Tapi jika diambil dari atap gerobak sudah dapat dipastikan kalau tidak bersih.

Baca Juga: Diinjak-injak hingga Digigit, 5 Cara Jorok yang Dilakukan Penjual Makanan

Berikut beragam komentar dari netizen yang menanggapi tentang penjual siomay jorok tersebut.

"Air hujan itu bersih & suci kalau ditampung langsung dari langit (dengan alat penampung yang bersih). Tapi lihat yang dilakukan pedagang itu dia menampung air hujan yang jatuh dari atap (terpal) gerobakya (yang belum tentu bersih." tulis akun Twitter @AdiezAlfathir.

"Hih jorok," tulis akun Twitter @bprayoga2009.

Jorok! Tukang Siomay Ini Gunakan Air Hujan untuk Mengisi KukusanFoto: Twitter @shntslty


"Sebelumnya ada yang nyuci wajan pakai air becekan. Sekarang air kukusan dari air hujan yang melewati atap atap (yang sudah pasti) kotor. Yok, Indonesia kuat, yok!" tulis akun Twitter @shntslty.

Kejadian penjual makanan jorok lainnya yang baru-baru ini tertangkap kamera netizen adalah penjual gorengan gerobakan. Ia terlihat mencuci ember yang dipakai untuk menaruh adonan tepung menggunakan air got (saluran air kotor).

Penjual gorengan tersebut nampak santai saat mencuci ember untuk adonan tepungnya. Padahal di sana ada seorang pembeli yang sedang menyantap gorengan yang ia beli.

Jorok! Tukang Siomay Ini Gunakan Air Hujan untuk Mengisi KukusanFoto: Twitter @goodpeoplexx

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @goodpeoplexx yang juga berhasil menarik perhatian netizen. Video penjual gorengan bahkan sudah ditonton lebih dari 913.000 kali.

Pengunggah video tersebut pun mengaku kalau dirinya sudah habis menyantap gorengan tersebut sebanyak 6 buah. Bagaimana menurut kalian?



Simak Video "Masak Masak: Resep Iga Sapi Garang Asam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)