Cara Menggoreng Ayam Bumbu Tradisional Agar Gurih Garing

Odilia WS - detikFood Sabtu, 21 Nov 2020 08:00 WIB
ayam kampung goreng Foto: Istimewa

3. Jumlah Minyak

Minyak bersih atau minyak jelantah bersih bisa dipakai menggoreng ayam. Jangan pelit dengan minyak. Isi wajan cekung atau panci datar dengan minyak hingga 2/3 tingginya.

Tunggu hingga minyak benar-benar sudah panas. Masukkan potongan ayam secukupnya. Jangan terlalu banyak memasukkan ayam karena suhu minyak akan turun, bagian luar ayam tidak bisa garing atau kering renyah.

4. Bumbu

Sebelum menggoreng ayam berbumbu sebaiknya sisihkan dulu, atau bersihkan bumbu yang terlalu banyak lengket pada ayam. Karena bumbu ini akan membuat ayam cepat gosong dan minyak jadi kotor.

Kumpulkan sisa bumbu ayam untuk digoreng terpisah. Setelah ayam kering, kamu bisa menggoreng sisa bumbunya. Taruh sisa bumbu dalam sendok peniris lalu rendam dalam minyak panas beberapa saat lalu angkat. Taburkan ke atas ayam goreng.

kuliner PurwakartaCara Menggoreng Ayam Bumbu Tradisional. Foto: Istimewa

5. Goreng basah

Selain digoreng kering, ayam goreng ala Sunda justru dikenal karena gaya ayam goreng basahnya. Ayam kampung atau jantan biasanya dibumbu kuning. Setelah diungkep dan ditiriskan lalu digoreng sekejap dalam minyak panas.

Gunakan minyak banyak dan panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas, celupkan potongan ayam beberapa detik lalu angkat dan tiriskan.

Cara menggoreng ayam ini sama dengan menggoreng ayam pop khas Minang. Minyak yang meresap sedikit dalam ayam akan membuat ayam sedikit basah dan rasa gurihnya enak.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com