5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Hancur

Odilia WS - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 09:00 WIB
Tips menggoreng ikan Foto: iStock

3. Wajan

Wajan yang cocok untuk menggoreng atau deep frying adalah wajan cekung (wok) atau wajan yang agak tinggi. Wajan besi atau aluminium bisa dipakai, tidak harus wajan anti lengket.

Gunakan wajan yang bersih bagian dalam dan bagian bawahnya. Bekas sisa makanan yang menempel bisa membuat panas tidak merata di bagian bawah dan dalam wajan hingga suhu minyak tidak maksimal.

Tips menggoreng ikanTips menggoreng ikan Foto: iStock

4. Minyak

Sebaiknya gunakan minyak sayur yang bersih. Tetapi jika memakai minyak bekas atau jelantah, gunakan yang masih bersih dan saring lebih dahulu hingga tak ada kotoran tersisa.

Menggoreng ikan tidak boleh pelit minyak, karena memakai teknik deep frying. Tuangkan minyak hingga 2/3 tinggi wajan. Kemudian panaskan di atas api sedang hingga benar-benar panas.

Kemudian masukkan ikan dalam minyak dan pastikan minyak merendam seluruh bagian ikan. Jangan memasukkan terlalu banyak ikan dalam minyak agar suhu minyak tetap panas.

Ikan tak perlu dibalik, setelah tidak terdengar suara 'berisik' karena minyak beradu dengan air, berarti ikan sudha mulai kering. Tunggu beberapa saat hingga seluruh bagian ikan kering. Angkat dan tiriskan.

5. Pelengkap

Ikan goreng sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat agar terasa gurih renyahnya. Ikan goreng enak dimakan dengan sambal dadak, sambal terasi dan lalapan.

Sayur lain yang cocok untuk dinikmati bersama ikan goreng adalah sayur asam, sayur lodeh, sayur bening, sayur bobor atau tumis sayuran. Perpaduan rasa gurih renyah ikan goreng dengan segarnya sayuran sangat cocok.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com