Netizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie Goreng

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 17:30 WIB
Netizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie Goreng Foto: TikTok graciakilisya
Jakarta -

Ada-ada saja video masak unik dan menghibur di TikTok. Salah satunya dilakukan Gracia Kilisya yang hobi masak di genteng!

Jika biasanya masak dilakukan di dapur, netizen di TikTok bernama Gracia Kilisya memilih cara berbeda. Ia memanfaatkan panas genteng rumahnya menjadi 'bahan bakar' untuk memasak.

Hal ini terlihat dari beberapa unggahannya yang viral. Videonya bahkan ditonton ratusan ribu kali. Pertama kali ia coba masak di genteng dengan membuat waffle. "Waffle bakar di genteng check," tulisnya di judul video pada Juli 2020.

Terlihat ia memakai cetakan waffle untuk menaruh adonan dan memasaknya. Kemudian ia membiarkan cetakan waffle di atas genteng selama 3 jam. Ternyata hasilnya waffle belum matang. Terlihat adonan waffle masih sangat lembek.

Netizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie GorengNetizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie Goreng Foto: TikTok graciakilisya

"Okay, kita liat besok ya guys. Kita jemur lagi jam 12 karena ini udah nggak terlalu panas," ujarnya. Gracia pun tak putus asa coba memanggang waffle lagi esok harinya.

"Oh my God, sangat tidak recommended ya guys. Ini dua hari dan jadi mateng deh. Ancur guys. Keras banget sih ini," ujarnya sambil menekan-nekan tekstur waffle bakar. Terlihat adonan waffle memang bisa kering, tapi tidak matang dengan seharusnya.

Baca Juga: Sedih! Niat Masak Buat Calon Mertua Malah Dimaki Karena Tak Enak

Gracia melanjutkan hobi masak di genteng dengan coba masak telur goreng di cetakan waffle. "Aku pakai cahaya Ilahi untuk mematangkan makanan aku," ujarnya. Tapi sayang ia tidak menunjukkan hasilnya.

Setelah itu, ia coba masak burger di atas genteng. Pertama, ia menaruh wajan di atas genteng pada siang hari yang terik. Kemudian Gracia memanaskan margarin di atasnya.

Netizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie GorengNetizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie Goreng Foto: TikTok graciakilisya

Selanjutnya ia menaruh ham, roti burger, dan keju leleh. "Gw tunggu 1,5 jam. Dan surprisingly, lo liat dong, itu merah-merah (matang hamnya). Karena jujur gw ga expecting too much, tapi untungnya dia agak matang," kata Gracia.

Ia juga masak mie goreng di atas genteng. Gracia memakai air panas dari dispenser sebagai bahan utamanya. Kemudian ia memasukkan mie mentah ke dalam wajan dan merebusnya.

"Aku tutup wajan. Ini panas banget (cuacanya). Jujur nggak lama (proses masaknya)," ujarnya. Ternyata ia hanya butuh waktu 5 menit untuk mematangkan mie. Mie rebus buatannya pun siap disantap dengan cabai rawit.

Netizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie GorengNetizen Hobi Masak di Genteng, Bikin Burger hingga Mie Goreng Foto: TikTok graciakilisya

Banyak netizen tertarik dengan video-video Gracia yang masak di genteng. Rata-rata mereka penasaran dengan hasilnya.

Namun beberapa ada yang meragukan kehigienisan masakan Gracia karena bukan tidak mungkin makanan terpapar debu dan kotoran lain di genteng. Sampai saat ini Gracia sudah mengunggah sekitar 5 video masak di genteng.

Ia juga meminta saran dari netizen tentang menu apa lagi yang sebaiknya ia masak di genteng. "Bubur kacang hijau," ujar seorang netizen. "Kak masak telur ceplok sama sosis," sahut netizen lainnya.

Baca Juga: Usai Makan di Tengah Hujan, Pria Ini Lanjut Minum di Atas Genteng!

(adr/odi)