Masak Air Pakai Botol Plastik, Trik Tentara untuk Bertahan Hidup di Hutan

Devi Setya - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 10:30 WIB
Masak Air Pakai Botol Plastik, Trik Tentara untuk Bertahan Hidup di Hutan Foto: Getty Images/iStockphoto/zoom-zoom
Jakarta -

Para tentara selalu punya trik untuk bertahan hidup saat di hutan. Salah satunya memasak air dalam botol plastik.

Secara umum, plastik yang terkena panas api pasti akan langsung meleleh dan terbakar. Tapi tidak untuk botol plastik yang diisi dengan air. Botol plastik ternyata bisa diandalkan untuk memasak air.

Cara ini kerap dilakukan oleh para tentara, pendaki gunung atau orang-orang yang senang bertualang. Dengan cara ini, mereka bisa mengonsumsi air matang meskipun tanpa mengandalkan panci.

Masak Air Pakai Botol Plastik, Trik Tentara untuk Bertahan Hidup di HutanMasak Air Pakai Botol Plastik, Trik Tentara untuk Bertahan Hidup di Hutan Foto: Getty Images/iStockphoto/zoom-zoom

Untuk memasak air dengan botol plastik, caranya cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan air, botol plastik dan api.

Pertama, buatlah kayu penyangga yang bisa digunakan untuk menggantung botol berisi air. Kemudian buat api di bawah botol plastik ini. Biarkan air dimasak hingga mendidih.

Proses ini memang memakan waktu agak lama tapi kalu tak perlu khawatir botol akan terbakar atau meleleh. Permukaan botol plastik akan tetap berbentuk utuh, hanya saja terjadi perubahan warna kecoklatan hingga hitam pada botol.

Jika sudah matang dan mendidih, air bisa langsung dikonsumsi. Proses ini melibatkan reaksi fisika.

Botol plastik berisi air yang dipanaskan di atas api membuat kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan botol dan diteruskan ke air. Hal ini membuat air menjadi panas namun tidak membakar botol.

Masak Air Pakai Botol Plastik, Trik Tentara untuk Bertahan Hidup di HutanMasak Air Pakai Botol Plastik, Trik Tentara untuk Bertahan Hidup di Hutan Foto: Getty Images/iStockphoto/zoom-zoom

Lain halnya jika botol plastik dalam keadaan kosong, panas yang diberikan akan langsung membuat leleh jika suhunya melebihi ambang titik leleh plastik. Jadi kalau membutuhkan air panas dalam keadaan darurat, kamu bisa mencoba cara ini.

Meskipun air jadi lebih terjamin kebersihannya, tapi cara ini tidak bisa diterapkan terus menerus dalam jangka waktu panjang. Plastik yang dipanaskan, secara alami akan merilis berbagai zat kimia yang ikut larut dalam air.



Simak Video "Menjajal Kesegaran Air Mata Kucing dari Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)