Cerita Chef Toto Sajikan Makanan dari Hutan Papua untuk Mick Jagger

Devi Setya - detikFood Sabtu, 03 Okt 2020 11:00 WIB
Cerita Chef Toto Sajikan Makanan dari Hutan Papua untuk Mick Jagger Foto: instagram @charlestoto.5205
Jakarta -

Mick Jagger pernah diam-diam menghabiskan momen liburan di Papua. Ia pun menikmati makanan dari hutan Papua yang diracik oleh Chef Toto, praktisi kuliner putra asli Papua.

Chef Charles Toto atau dikenal dengan panggilan Chef Toto bukanlah selebriti chef yang wajahnya sering tampak di layar kaca. Tapi ia tak boleh dipandang sebelah mata, Chef Toto salah satu orang yang begitu gencar memperkenalkan serta melestarikan kuliner Papua.

Banyak bahan makanan eksotis asal Papua yang tidak bisa ditemui di berbagai daerah lain. Kekayaan alam Papua yang menyediakan banyak bahan makanan ini kemudian membuat Chef Toto ingin terjun langsung mencari, meracik bahkan menyajikan makanan unik.

Cerita Chef Toto Sajikan Makanan dari Hutan Papua untuk Mick JaggerCerita Chef Toto Sajikan Makanan dari Hutan Papua untuk Mick Jagger Foto: instagram @charlestoto.5205

Salah satu yang pernah merasakan lezatnya masakan alami dari berbagai bahan asli Papua adalah Mick Jagger. Musisi kawakan yang juga vokalis band The Rolling Stones ini pernah jadi tamu istimewa di Papua. Penyanyi berusia 77 tahun ini memilih Papua sebagai tempat liburannya.

Chef Toto menceritakan pengalamannya menyajikan makanan untuk penyanyi hits asal Inggris ini. Kepada detikFood (1/10) lewat sambungan telepon, Chef Toto mengaku beruntung bisa mendapat kesempatan untuk membuat makanan yang disantap Mick Jagger.


"Tahun 2008 pernah memasak untuk Mick Jagger. Dia liburan tanpa ada paparazi, tidak ada kamera, tidak ada hp. Tepatnya di Desa Soroba, Lembah Baliem, Jayawijaya, Wamena," kata Chef Toto.

Lebih lanjut, pria yang memiliki komunitas "Jungle Chef" ini mengatakan Mick Jagger saat itu datang ke Papua menggunakan kapal pesiar. "Dia datang liburan naik kapal pesiar bersama travel dari Indonesia," jelas Chef Toto.

Tak hanya menikmati suasana alam Papua yang mengagumkan, Mick Jagger juga mencicipi makanan yang dibuat dari bahan asal Papua. Chef Toto berkolaborasi dengan chef dari kapal pesiar menghadirkan menu makanan untuk pelantun lagu 'Paint it Black' ini.

"Masak kolaborasi ada chef dari kapal. Saya bawa beberapa jamur dan berry, dibuat masakan. Kita jelaskan kalau semua bahan-bahan ini kita bawa dari hutan Papua," lanjut Chef Toto.

Bukan hanya Mick Jagger, Chef Toto sudah kerap mengolah masakan untuk banyak wisatawan bule termasuk aktris asal Prancis yang melakukan syuting di Papua. Pada 2009, Chef Toto mengolah masakan untuk artis dan puluhan kru film dari Prancis.

"Dia buat film perjalanan dari Prancis sampai ke korowai, suku yang tinggal di rumah pohon. Artis ini hidup bersama masyarakat Korowai. Dalam filmnya hanya 3 hari tapi proses syuting memakan waktu hingga 3 bulan. Ada krunya berjumlah 70 orang," kata Chef Toto.

Pengalamannya menyajikan berbagai makanan khas Papua kepada orang-orang luar negeri ini dijadikan ajang untuk mempromosikan bahan makanan eksotis asal Papua. Pria lulusan SMK Tata Boga ini bahkan sudah ke Italia untuk memamerkan bahan makanan dan masakan asli Papua.

Cerita Chef Toto Sajikan Makanan dari Hutan Papua untuk Mick JaggerCerita Chef Toto Sajikan Makanan dari Hutan Papua untuk Mick Jagger Foto: instagram @charlestoto.5205

Harapan Chef Toto tidaklah berlebihan, ia hanya ingin menjaga lingkungan alam Papua, dimana semua bahan makanan bisa didapat dari alam. Ia juga berharap pemerintah daerah dan pusat untuk lebih mendukung aksi promosi kuliner Papua karena sejauh ini Chef Toto bersama teman-teman Jungle Chef mencari jalan dan dana sendiri demi memperkenalkan makanan Papua.

"Berharap pemerintah daerah mendukung kami untuk mempromosikan makanan Indonesia. Kami selama ini cari jalan sendiri, ngamen cari biaya sendiri demi beli uang tiket untuk promo, seperti saat event di Italia kami harus mencari uang untuk beli tiket pesawat," pungkas Chef Toto.



Simak Video "Bikin Laper: Ikan Bubara Bakar dengan Tiga Sambal Spesial"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com