Singgung Isu Papua, Vanuatu Punya 5 Makanan Tradisional Tuluk hingga Lap Lap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 30 Sep 2020 16:30 WIB
Makanan tradisional Vanuatu Foto: Medium
Jakarta -

Vanuatu ramai dibicarakan karena menyinggung isu Papua di sidang PBB. Negara ini ternyata punya banyak makanan tradisional enak seperti tuluk hingga lap lap.

Vanuatu adalah negara di Samudra Pasifik yang masyarakatnya merupakan etnis Melanesia seperti orang Papua. Vanuatu memiliki luas 12 ribu km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 200 ribu orang.

Tiba-tiba saja Vanuatu ramai dibicarakan masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran juru bicaranya kerap mengusik Indonesia di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Mereka mengungkit masalah HAM di Papua.

Terbaru, Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman membicarakan isu pelanggaran HAM di Papua dalam sidang PBB. Kemudian diplomat perwakilan Indonesia, Silvany Austin Pasaribu memberikan jawaban menohok.

Baca Juga: Ulah Vanuatu Lagi-lagi Usik Indonesia Dibalas Jawaban Menohok

Terlepas dari pemberitaan negatif ini, Vanuatu adalah negara berpemandangan indah dengan hasil bumi yang melimpah. Vanuatu memiliki banyak makanan tradisional unik.

detikFood (30/9) merangkum makanan tradisional Vanuatu dari berbagai sumber seperti berikut:

1. Kava

Makanan tradisional VanuatuMakanan tradisional Vanuatu Foto: Turtle Bay Beach House

Dikutip dari situs resmi Tourism Vanuatu, kava adalah minuman tradisional yang sudah ada lebih dari 3 ribu tahun lalu. Berasal dari tanaman kava yang banyak tumbuh di Vanuatu dan wilayah Pasifik Selatan lainnya.

Kava biasanya diminum untuk tujuan medis atau dihadirkan dalam upacara adat. Situs Turtle Bay Beach House mendeskripsikan rasa kava yang sangat unik.

Konon rasanya mirip rumput bercampur tanah. Ada jejak rasa pahit dengan rasa merica dan rasa 'earthy' yang kuat setelahnya. Terkadang usai minum kava, bibir dan lidah seseorang akan terasa kelu dan mati rasa. Karenanya disarankan langsung menghisap potongan buah usai minum kava.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]