5 Cara Atasi Ngantuk Usai Makan, Salah Satunya Minum Air yang Banyak

Devi Setya - detikFood Senin, 16 Nov 2020 12:00 WIB
Cara Atasi Ngantuk Usai Makan Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio
Jakarta -

Rasa ngantuk biasa menyerang setelah perut terisi makanan. Efek alami ini kadang mengganggu aktivitas, begini cara mengatasi ngantuk usai makan.

Usai makan siang atau makan malam, mata seolah langsung terbuai dan ingin terpejam karena diserang kantuk. Rasa ngantuk ini memang tak ada obatnya selain tidur, tapi aktivitas yang banyak membuat orang tak bisa leluasa memejamkan mata.

Ngantuk di tengah aktivitas yang padat memang sangat mengganggu. Tapi tak perlu khawatir karena kamu bisa mengusir kantuk ini dengan beberapa trik simpel.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah untuk mengatasi ngantuk usai makan.

1. Bergerak

Rasa ngantuk usai makan bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Salah satunya proses alami produksi hormon serotonin dan melatonin. Dua hormon tersebut biasanya meningkat saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

Usai makan, usahakan untuk jangan langsung duduk santai. Kamu bisa melakukan aktivitas kecil seperti berjalan atau bergerak.

Lakukan jalan santai setidaknya 10-15 menit usai makan. Cara ini efektif mengurangi rasa kantuk karena membantu melancarkan aliran darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com