Cicip Vegemite Australia, Pria Jember Sebut Rasanya Mirip Minyak Sepeda

Devi Setya - detikFood Minggu, 15 Nov 2020 11:00 WIB
Cicip Vegemite Australia, Pria Jember Sebut Rasanya Mirip Minyak Sepeda Foto: youtube Wong Jowo Neng Australia
Jakarta -

Pria asal Jember ini bertukar makanan dengan sang istri yang bule Australia. Saat mencoba vegemite, ia menyebut rasanya mirip minyak sepeda.

Santos, pria asli Tanggul, Jember ini menikah dengan bule asal Australia bernama Christine Dan. Pasangan ini sekarang tinggal di Adeline, Australia Selatan. Kebudayaan yang berbeda membuat hidup mereka makin seru.

Banyak perbedaan antara Santos dan Christine yang akhirnya bisa diadaptasi satu sama lain, termasuk soal selera makan. Lewat channel youtube Wong Jowo Neng Australia, Santos dan Christine bertukar makanan khas.

Cicip Vegemite Australia, Pria Jember Sebut Rasanya Mirip Minyak SepedaCicip Vegemite Australia, Pria Jember Sebut Rasanya Mirip Minyak Sepeda Foto: youtube Wong Jowo Neng Australia

Santos ditantang makan roti dengan olesan selai vegemite asli Australia, sementara Christine makan nasi dengan lauk tempe, tahu, terong dan sambal khas Indonesia. Keduanya punya ekspresi unik saat mencoba makanan yang bukan dari kampung halamannya.

"Di video kali ini Christine akan makan nasi, sambal, timun, tempe, tahu, terong dan kecap. Saya akan makan roti dengan vegemite, ini asli Australia ya, nggak dibuat di negara lain," kata Santos membuka video.

Sebelum mulai makan, Christine lebih dulu meracik roti dengan vegemite. Ia mengoleskan mentega, vegemite dan memberi keju lembaran. Roti ini yang akan jadi santapan Santos.

Saat waktu makan, Christine terlihat sangat lahap menikmati nasi dengan aneka lauk dan sambal ala Indonesia. Sementara sang suami harus berjuang mengunyah dan menelan roti beroles selai vegemite.

"Sebenernya dari dulu sudah kepikiran mau nyoba tapi temen-temen bilang rasanya nggak enak, makanya saya belum coba," kata Santos.

Santos terlihat menampilkan ekspresi tak suka. Ia makan dengan sangat pelan sambil menerka-nerka rasa roti dengan olesan vegemite.

"Rasanya ini mengingatkan saya pada minyak kental yang biasa buat sepeda. Di Jember ada namanya stempet, itu seperti bahan buat sepeda onthel," kata Santos.

Santos menyantap sepotong roti dengan susah payah, hingga pada akhirnya ia menyerah karena tak tahan ingin muntah. Ayah satu anak ini juga hampir berlinang air mata karena rasa makanan yang disantapnya tak sesuai selera.

Vegemite sendiri adalah selai khas Australia yang terbuat dari ekstrak ragi bir yang ditambah sayur-sayuran dan rempah. Warnanya hitam, kental dengan aroma sangat tajam. Bagi yang tak biasa menyantapnya pasti akan menganggap selai ini punya rasa aneh.

Ribuan netizen pun ramai mengomentari video ini. Banyak yang penasaran dengan rasa vegemite, namun ada juga yang ogak mencobanya.

vegemiteCicip Vegemite Australia, Pria Jember Sebut Rasanya Mirip Minyak Sepeda Foto: Getty Images

"Istrinya makan santai banget, lha masnya makan rotinya mukanya pucet membiru," kata netizen.

"Pertanyaan gw cuma 1, emang abang pernah nyobain stempet? Kok rasanya bisa dibandingin gitu," tanya netizen.

"Pernah nyobain vegemite pas morning tea di New Zealand. Perasaanku kok kayak roti dikasih petis. Tp enakan petis rujak cingur. Sumpaaahh," pungkas netizen.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Jengkol Setan yang Bikin Jontor di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)